Breaking News:

BATAM TERKINI

Inflasi Juni 2022 Diperkirakan Capai 4,17 Persen, Suku Bunga Berpotensi Naik

Proyeksi tingkat inflasi bulan Juni 2022 ini diperkirakan mencapai 4,17 persen. Kenaikan inflasi ini dapat berdampak pada kenaikan suku bunga.

shutterstock.com via kompas.com
Proyeksi tingkat inflasi bulan Juni 2022 ini diperkirakan mencapai 4,17 persen. Kenaikan inflasi ini dapat berdampak pada kenaikan suku bunga. ilustrasi inflasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Inflasi masih menjadi permasalahan bagi pertumbuhan perekonomian secara global.

Meski inflasi di Indonesia masih tergolong cukup stabil, yakni di bulan Mei 2022 mencapai 3,55 persen, tetapi tingkat proyeksi inflasi bulan Juni 2022 ini diperkirakan mencapai 4,17 persen.

Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas, Alrich Paskalis Tambolang, melalui Market Review di laman Instagram IDX_Kepri, Rabu (29/6/2022) kemarin, mengungkapkan, kenaikan inflasi ini dapat berdampak pada kenaikan suku bunga.

"Asumsinya 4 persen, kalau lebih dari itu pasti ada potensi kenaikan suku bunga. Jika tidak, akan terjadi inflasi lanjutan yang berdampak pada harga barang naik seperti BBM dan listrik," jelas Alrich.

Oleh karenanya, untuk saat ini bagi pelaku pasar ada baiknya untuk menunggu dan melihat terlebih dahulu data inflasi yang akan dirilis tanggal 1 Juli 2022 mendatang.

Sebab, kenaikan suku bunga ini akan sensitif terhadap sektor-sektor seperti perbankan dan properti yang pendapatannya berbasis suku bunga.

Baca juga: Lima Fokus Pembahasan Dalam Rakorgub se-Sumatera 2022

Baca juga: 3 Pelaku Curanmor di Batam di Tembak Polisi, Sudah Beraksi di 30 TKP

Selain itu, inflasi secara global dapat mendorong potensi resesi di negara adidaya Amerika Serikat.

Hal ini juga dapat berdampak pada Indonesia, yang mitra dagang terbesarnya selama ini adalah Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Kalau AS terganggung pasti kita juga terganggu, terutama dalam ekspor impor. Kita mungkin bisa mengalami penurunan ekspor ke AS," ujar Alrich. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved