Breaking News:

SPEEDBOAT TERBAKAR DI ANAMBAS

Penjelasan Direktur UPT RSUD Tarempa Soal Kebakaran Kapal Puskesmas Keliling

Direktur UPT RSUD Tarempa membenarkan bahwa kapal yang terbakar di Perairan Tarempa Anambas merupakan kapal Puskesmas Keliling.

TRIBUNBATAM.id/NOVEN SIMANJUNTAK
Direktur UPT RSUD Tarempa, Feri saat di wawancarai oleh Tribunbatam.id, Minggu (3/7/2022)  

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Speedboat atau kapal cepat yang terbakar di perairan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan Kapal Puskesmas Keliling (Puskel) milik pemerintah daerah.

Kapal cepat Puskel itu biasa diperuntukkan untuk membantu pasien yang membutukan penanganan lebih lanjut serta membawa sejumlah alat kesehatan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Unit Pelaksana Tugas (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Feri saat diwawancarai Tribunbatam.id, Minggu (3/7/2022).

"Iya kapal yang terbakar itu, kapal Puskel RSUD Tarempa, yang selama ini beroperasi untuk merujuk pasien dan membawa alat kesehatan," ucapnya.

Sebelum peristiwa nahas itu terjadi, kata Feri, kondisi kapal Puskel yang selama ini digunakan oleh pihaknya dalam kondisi baik dan beroperasi secara normal.

"Kondisi terakhir kapal itu baik-baik saja dan layak beroperasi. kita dari manajemen juga belum pernah menerima laporan kerusakan kapal itu dari juru mudi," jelasnya.

Pengakuannya, Kapal Puskel tersebut dikelola oleh pihaknya sejak tahun 2020 yang lalu, setelah dialhkan oleh Pemda Anambas dari Puskesmas Tarempa.

Kapal Puskel itu juga berasal dari pengadaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan dana pemeliharaan Rp 20 hingga 40 juta setiap tahunnya.

"Kapasitasnya untuk 6 sampai dengan 8 orang, biasanya kalau ada rujukan pasien kita bawa ke RSUD Palmatak dan kalau sifatnya urgent, sesekali kita pakai juga untuk rujukan ke RSUD Jemaja," ungkapnya.

Ditambahkannya, setiap bulan proses pemeliharaan kapal terus dilakukan oleh juru mudi dan ABK kapal, namun apabila ada kerusakan yang berdampak berat maka akan dilaporkan kepada pihaknya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved