Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

DP3 Anambas Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup dan Bebas PMK Jelang Idul Adha

Plt Kadis DP3 Anambas Rovaniyadi memastikan stok hewan kurban di Anambas cukup dan bebas PMK jelang Idul Adha. Stoknya juga berlebih

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas, Rovaniyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/7/2022). DP3 Anambas pastikan stok hewan kurban tahun ini cukup dan sehat, bebas dari PMK 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas memastikan stok hewan kurban jelang Idul Adha 1443 Hijriah di wilayah setempat cukup.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DP3 Anambas, Rovaniyadi menyebutkan, untuk tahun 2022 ini ketersediaan hewan kurban lokal sebanyak 435 ekor.

Selain itu, ada juga 55 ekor hewan kurban sapi dari Natuna yang telah didatangkan untuk menambahkan ketersediaan stok sebelumnya.

"Jadi total ketersediaan hewan kurban di Anambas yang layak ada sebanyak 490 ekor," ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/7/2022).

Sementara dari data yang diterima oleh pihaknya, total kebutuhan hewan kurban yang ada di wilayah Anambas tahun ini diperkirakan ada sebanyak 315 ekor.

Baca juga: Natuna Zona Hijau PMK, Pemkab Gelar Rakor Cegah Virus Masuk Serang Hewan Ternak

"Kalau tahun sebelumnya kebutuhan hewan kurban kita 308 ekor, tapi tahun ini kita tingkatkan sedikit menjadi 315 ekor," terangnya.

Rovaniyadi juga menjamin, hewan kurban sapi yang didatangkan dari Natuna dalam kondisi sehat dan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pasalnya, saat didatangkan ke Anambas, hewan sapi tersebut telah melewati proses pengecekan kesehatan oleh Balai Karantina Hewan untuk memastikan ada atau tidaknya gejala PMK.

Begitu pun pengecekan hewan kurban sapi lokal, turut diperketat dengan dipasangnya label sehat di tubuh hewan dan wajib mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dokter hewan berwenang.

"Setelah kita lakukan pengecekan, ternyata sejauh ini di Anambas belum ada gejala itu artinya kita zona hijau PMK," ungkapnya.

Dikarenakan kelebihan stok, Kabupaten Anambas juga ikut mengirimkan sejumlah hewan kurban sapi sebanyak 56 ekor ke Tanjungpinang.

"Karena kita ada kelebihan 120 ekor sapi dan berhubung wilayah kita zero PMK maka kita juga menyuplai sapi ke Tanjungpinang," kata Rovan. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved