Breaking News:

LINGGA TERKINI

Damkar Lingga Tangkap Ular Piton Sepanjang 6,5 Meter, Mangsa Anjing Pemilik Kebun

Damkar Lingga menangkap ular piton sepanjang 6,5 meter di sebuah kebun di Kampung Sepincan. Ular tersebut memangsa anjing pemilik kebun.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA/DAMKAR LINGGA
Damkar Lingga tangkap ular piton di Kampung Sepincan, Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepri, Senin (11/7/2022)   

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Ular piton sepanjang 6,5 meter berhasil dievakuasi Pemadam Kebakaran (Damkar) Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Ular tersebut ditangkap di kawasan  kebun salah seorang warga di Kampung Sepincan, Senin (11/7/2022) sore.

Kejadian sekira pukul 15.00 WIB, dilaporkan oleh pemilik kebun, Rasyid yang melihat ular yang memakan anjing miliknya di RW 001/RT 001, Kampung Sepincan.

Atas laporan Rasyid tersebut, personel Damkar Daik langsung turun ke lokasi, dengan mempersiapkan alat penangkap yang dibutuhkan.

“Begitu mendapatkan laporan, kita langsung kerahkan personel ke lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap ular tersebut, dengan peralatan grab stick, tali, alat pelindung diri," kata Kepala Satpol PP dan Damkar melalui Komandan Pleton (Danton) Damkar Wilayah Daik, Novi Sarizal kepada TRIBUNBATAM.id.

Tidak menunggu waktu lama, personel Damkar tiba di lokasi kejadian lebih kurang 5 menit setelah mendapat laporan.

Baca juga: Mengenal Tudung Manto Warisan Budaya Lingga Tak Lekang Zaman

Damkar pun berhasil menemukan posisi reptil tersebut yang berada di bawah akar kayu.

Dengan menggunakan tali tambang dan peralatan yang ada, petugas berhasil mengevakuasi ular tersebut dalam waktu 7 menit.

"Ular itu pun kini dibawa ke Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar di Jalan Datuk Laksamana, sebelum kemudian kami lepaskan ke habitatnya," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan himbauan kepada warga Daik dan sekitarnya yang membutuhkan bantuan penanganan animal rescue, dapat menghubungi unit Damkar wilayah Daik Lingga.

Baca juga: Batik Lingga Tembus Pasar Singapura, Kenalkan Motif Baru Pucuk Rebung

Sebagai upaya pencegahan, Novi juga meminta kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

"Apalagi yang memiliki semak belukar karena dikhawatirkan bisa menjadi rumah bagi binatang buas seperti ular dan lain-lain," imbaunya.

Dia menambahkan sebagi informasi, selain menangani kebakaran, Damkar unit Daik Lingga juga menangani animal rescue seperti penanganan sarang tawon, serta penanganan reptil ular. (TRIBUNBATAM.id/Febriyuanda)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved