Breaking News:

NATUNA TERKINI

Empat Penumpang KMP Bahtera Nusantara 01 ke Natuna tak Penuhi Aturan Perjalanan Domestik

Empat penumpang KMP Bahtera Nusantara 01 ketahuan tak patuhi aturan perjalanan domestik saat diperiksa di Pelabuhan Penagi, Bunguran Timur, Natuna.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham
Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Bunguran Timur memeriksa syarat perjalanan bagi penumpang Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01 turun di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (17/7/2022) sore.  

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Empat dari ratusan penumpang Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01 ketahuan tak penuhi aturan perjalanan domestik saat diperiksa di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (17/7/2022) sore.

Setiap penumpang yang turun diperiksa oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Bunguran Timur yang terdiri dari petugas kesehatan, TNI dan Polri.

Setiap penumpang yang turun diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksinasi dan surat keterangan negatif Antigen atau PCR bagi mereka yang belum lengkap dosis ketiga atau booster serta menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Camat Bunguran Timur sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Bunguran Timur, Hamid Asnan mengatakan, selain mensosialisasikan pihaknya juga menerapkan aturan baru terkait perjalanan domestik menggunakan moda transportasi laut, darat dan udara.

Baca juga: STOK Kambing di Batam Kosong, Pelaksanaan Akikah Banyak Tertunda

Seperti diketahui per Minggu 17 Juli 2022, Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) wajib menaati dan memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan.

Ia menjelaskan syarat perjalanan bagi calon penumpang dalam aturan tersebut berupa;

  • Bagi yang sudah divaksinasi booster, tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes PCR atau Antigen, pelaku perjalanan wajib gunakan aplikasi Peduli Lindungi.
  • Pelaku perjalanan yang baru divaksin dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif Antigen atau PCR dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.
  • Pelaku perjalan yang baru divaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif PCR dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

"Tadi setelah kami periksa, ada sekitar empat orang yang belum memenuhi syarat perjalanan," kata Hamid kepada Tribunbatam.id.

Hamid menjelaskan, 4 orang tersebut di antaranya ada yang baru mendapatkan vaksinasi dosis kedua namun tidak melengkapi surat keterangan negatif Antigen.

Dan ada pula yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, selain itu tidak menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Menurutnya, kelalaian tersebut berasal dari awal mula keberangkatan penumpang alias di pelabuhan sebelumnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved