Breaking News:

BATAM TERKINI

Pemko Batam Dorong Ranperda Penyertaan Modal pada BUMD segera Disahkan DPRD

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menilai, perda penyertaan modal pada BUMD itu menjadi salah satu langkah strategis pemerintah

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Ichwan Nur Fadilllah
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Pemko Batam Dorong Ranperda Penyertaan Modal pada BUMD segera Disahkan DPRD 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana untuk menambah nominal penyertaan modal ke Bank Riau Kepri.

Terkait hal ini, Pemko Batam meminta agar Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda) Perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kota Batam pada Beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) segera disahkan.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menjelaskan, jika perda penyertaan modal tersebut menjadi salah satu langkah strategis bagi pemerintah.

Sebab, ia menyebut jika Bank Riau Kepri (BRK) sendiri selalu memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Berapa share saham kita, ya sebesar itu pula profit yang didapatkan. Dan alhamdulillah, kinerja BRK sampai saat ini selalu memperlihatkan tren yang positif," ungkapnya saat dikonfirmasi Tribun Batam seusai rapat paripurna DPRD Batam, Kamis (21/7/2022).

Jika penyertaan modal ke Bank Riau Kepri sendiri bisa ditambah, Amsakar yakin hal tersebut bakal memberikan dampak positif untuk PAD ke depan.

Baca juga: Rapat Paripurna DPRD Batam Batal Digelar Hari Ini, Banyak Wakil Rakyat Absen

Hal ini pula yang menjadi alasan Pemko Batam untuk mengajukan perubahan Perda tentang penyertaan modal bagi BUMD yang ada.

"Kita juga ingin, kalau bisa memiliki suara yang dominan. Pemko ingin berperan dalam mempengaruhi kebijakan yang akan diambil. Walaupun saat ini ketentuannya, Pemprov Kepri yang harus mendapatkan saham mayoritas, tapi kita ingin peran lebih penting lagi ke depan," sambungnya.

Meski tak menyebut secara detail dividen yang diperoleh, namun Amsakar memastikan jika Bank Riau Kepri memiliki tren positif dari waktu ke waktu.

Bahkan, BRK disebutnya telah mendistribusikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) ke hal yang tepat sasaran.

"Kesimpulannya, kinerja dan tata kelolanya konstruktif atau baik. CSR tiap saat dilakukan. Seingat saya, pernah memberikan seragam ke anak-anak didik kita dan memang berkontribusi penting untuk daerah," tambahnya lagi.

Perihal ditundanya rapat paripurna untuk pengesahan ranperda menjadi perda penyertaan modal ke BUMD, Amsakar tak ingin ambil pusing.

Baginya, Pemko Batam sudah sangat siap untuk memberikan pendapat akhir dalam rapat tersebut.

"Saya dapat informasi bahwa ada dua Panmus berangkat ke luar daerah karena schedule masing-masing," pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved