Breaking News:

SELEB TERKINI

Ridwan Kamil Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran HaKI Citayam Fashion Week

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengkritis secara langsung tindakan Baim Wong yang mendaftarkan Citayam Fashion Week Dirjen Kekayaan Intelektual.

Penulis: Cahyanti Nawangsari | Editor: Mona Andriani
Instagram @ridwankamil
Unggahan Ridwan Kamil yang mengkritisi tindakan Baim Wong yang mendaftarkan HaKI Citayam Fashion Week sebagaimana diunggah pada Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022). 

TRIBUNBATAM.idPendaftaran Citayam Fashion Week oleh perusahaan Baim Wong dikritik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Setelah dikritik oleh komika sekaligus sutradara Ernest Prakasa, tindakan Baim Wong yang mendaftakan Citayam Fashion Week sebagai brand ini juga mengundang perhatian Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat itu mengangga fenomena Citayam Fashion Week itu tak perlu dikomersialkan.

Dalam unggahan Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022), sebagai kepala daerah ia tak mau gerakan yang terjadi di salah satu daerahnya itu diatur oleh individu atau komunitas luar.

Gerakan organik yang dianggap Ridwan Kamil sebagai ciri khas dari Citayam Fashion Week itu juga harus berkembang secara original.

Ridwan Kamil juga menilai bahwa internasionalisasi itu justru akan membuat fenomena yang sedang viral itu cepat meredup.

Baca juga: Baim Wong dan Paula Verhoeven Siapkan Kapasitas 600 Pengunjung Untuk Ajang Citayem Fashion Week

Ia juga menginginkan pengorganisasian Citayam Fashion Week dilakukan oleh orang-orang yang menjadi cikal bakal atau bagian dari komunitas itu, bukan Baim Wong atau istrinya, Paula Verhoeven.

Disamping mengkritisi tindakan Baim Wong, Ridwan Kamil tetap memuji kerja keras yang telah Baim Wong lakukan sebelumnya.

Gubernur 50 tahun itu tampak menyanjung kerja Baim dan Paula melalui karya-karyanya yang luar biasa.

Namun, Kang Emil sapaan akrabnya menegaskan bahwa hal itu tak perlu dilakukan untuk Citayam Fashion Week.

Dalam kritiknya itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan sarannya terkait tindakan Baim Wong pada kalimat terakhirnya dalam caption.

Pendaftaran Citayam Fashion Week oleh perusahaan Tiger Wong Entertainment di HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) itu sebaiknya dicabut menurut Ridwan Kamil.

Berikut isi caption lengkap yang Ridwan Kamil tuliskan pada unggahan yang memperlihatkan sebuah artikel terkait pendaftaran Citayam Fashion Week oleh Baim Wong.

Baca juga: Perusahaan Baim Wong Daftarkan HaKI Citayam Fashion Week, Kemenkumham Sebut Tak Masalah

"Dear Baim Wong dkk,
Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula.
Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda.
Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional.
Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture.
Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur.
Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.
Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini.
Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya.
Hatur Nuhun."

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved