Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Hari Mangrove Sedunia, Lanal Tarempa Tanam 5000 Bibit Mangrove di Anambas

Penanaman 5.000 bibit mangrove yang diinisiasi Lanal Tarempa di Anambas seiring peringatan Hari Mangrove Sedunia melibatkan banyak pihak terkait

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Memperingati Hari Mangrove Sedunia, Pangkalan TNI Angkatan laut (Lanal) Tarempa bersama jajaran Forkopimda dan Stakeholder melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (26/7/2022) 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Memperingati Hari Mangrove Sedunia, Pangkalan TNI Angkatan laut (Lanal) Tarempa melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (26/7/2022).

Penanaman bibit Rhizophora Mucronata atau bakau ini juga disejalankan dengan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Itu dibuktikan melalui penanaman yang dilaksanakan secara serentak di-77 lokasi Satuan Komando Wilayah Angkatan Laut se-Indonesia.

Sebelum aksi penanaman mangrove dilakukan, jajaran Lanal Tarempa bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dan Forkopimda serta stakeholder setempat, terlebih dahulu mengikuti peresmian kick off oleh Mabes TNI AL bersama Kementerian dan perwakilan negara peserta G20 di Tanggerang secara virtual.

Dengan harapan meraih predikat Museum Rekor Indonesia (Muri). Penanaman bibit bakau ini merupakan bentuk kampanye menjaga bumi dari pengaruh emisi gas rumah kaca.

Sebagai salah satu sentra manggrove di wilayah terdepan Indonesia, Lanal Tarempa menanam sebanyak 5.000 bibit bakau.

Dengan menurunkan puluhan personel, aksi itu juga melibatkan masyarakat dan perangkat Desa Temburun, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesai (HNSI) Cabang Anambas serta anggota Pramuka Saka Bahari SMA Negeri 1 Siantan dan MA Fatahillah.

Baca juga: Hari Mangrove Sedunia, Lantamal IV Tanjungpinang Tanam 4500 Bibit Bakau di Dompak

"Tentunya kami berterima kasih untuk dukungan Forkopimda serta stakeholder Kepulauan Anambas yang ikut terlibat dalam menanam bibit manggrove serentak program dari pimpinan TNI AL di Desa Temburun ini," ujar Komandan Lanal (Danlanal) Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf seusai menanam manggrove di tepi pantai Temburun.

Ia mengatakan, pilihan lokasi untuk menanam bibit manggrove di Desa Temburun tepatnya Dusun Selambak, bertujuan untuk mengembalikan pelestarian mangrove yang sebelumnya tumbuh banyak dan alami namun hilang di kawasan tersebut.

"Dulunya di pesisir laut ini tumbuh banyak mangrove, dan kita ingin mengembalikan pelestarian itu. Semoga nantinya penanaman mangrove ini bermanfaat untuk mengurangi abrasi dan memperindah kawasan ini," sebutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved