Breaking News:

Lima Parpol Sudah Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024 ke KPU, PKP Jadi Partai Non Parlemen Pertama

KPU membuka pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 mulai 1-14 Agustus 2022. Terpantau sudah lima parpol yang mendaftar ke KPU.

Editor: Anne Maria
Kompas.com/Moh Nadlir
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut anggaran penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sudah teralokasi dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) belum sesuai kebutuhan untuk tahun 2022. 

TRIBUNBATAM.id- Lima partai politik (parpol) diketahui telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum ( KPU).

Adapun Partai Keadilan dan Persatuan ( PKP) menjadi partai non parlemen pertama yang mendaftar ke KPU.

Lalu ada juga empat partai lain yang sudah mendaftar. Siapa saja?

Simak deretan partai politik (parpol) yang sudah mendaftar jadi peserta Pemillu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum ( KPU) pada Senin (1/8/2022).

Sebagai informasi, KPU membuka pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 mulai 1-14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.

Pendaftaran dilakukan satu pintu oleh pengurtus pusat parpol di KPU RI.

Sejumlah parpol, PDIP hingga NasDem terlihat sudah mendatangi KPU untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

Berikut ini jumlah parpol yang sudah mendaftar ke KPU hingga Senin pukul 11.00 WIB:

Baca juga: BAWASLU Ungkap Mekanisme Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Jelang Pemilu 2024

Baca juga: KPU Batam Ngaku Kesulitan Akses Informasi Parpol Peserta Pemilu 2024

1. PKP

Jajaran pengurus Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) melakukan pendaftaran sebagai partai politikbpeserta Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Senin (1/8/2022).
Jajaran pengurus Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) melakukan pendaftaran sebagai partai politikbpeserta Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Senin (1/8/2022). (Tribunnews.com/Fersianus Waku)

Partai Keadilan dan Persatuan ( PKP) menjadi partai non-parlemen pertama yang mendaftar ke KPU sebagai peserta Pemilu 2023.

Ketua PKP, Yussuf Solichien, mengatakan pendaftaran di hari pertama ini menunjukkan partainya siap untuk melaksanakan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual.

"Pendaftaran PKP di hari pertama ini, menunjukan bahwa PKP adalah salah satu Parpol yang sudah siap untuk melaksanakan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU," kata Yussuf kepada wartawan, Senin, dilansir Tribunnews.com.

Menurut Yussuf, kesiapan tersebut terbukti melalui persyaratan verifikasi partainya telah 100 persen dan diunggah ke sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.

"Kesiapan PKP ditunjukkan dengan kelengkapan semua persyaratan verifikasi yang telah 100 persen diunggah ke dalam Sipol KPU," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved