Breaking News:

LINGGA TERKINI

Andika Perkasa Bangga Prajurit TNI Tampil Maksimal saat Super Garuda Shield 2022

Panglima TNI Andika Perkasa mengaku bangga dengan prajurit-prajurit yang telah tampil maksimal dalam Super Garuda Shield 2022 di Lingga

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Febriyuanda
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Kasal Yudo Margono saat melihat latihan gabungan bersama Super Garuda Shield 2022 di Pantai Todak Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri, Kamis (4/8/2022) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan, inti dari Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2022 ini untuk menjalin persahabatan dengan negara lain di kawasan Indo-Pasifik.

Di Indonesia, latihan bersama ini digelar di beberapa lokasi. Di antaranya di Pantai Todak Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk latihan materi tempur laut dan udara.

Selain di Lingga, juga digelar di Batu Raja Sumatera Selatan dan Amborawang Kalimatan Timur sebagai pertemuan darat.

Selain prajurit TNI, latihan ini juga diikuti prajurit dari negara lainnya, termasuk dari Singapura dan Amerika Serikat.

"Karena yang lebih penting adalah bagaimana kita dengan level yang berbeda, kita bisa kerja sama," kata Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, Kamis (4/8/2022) saat memantau kegiatan di Lingga.

Dari latihan puncak itu, ia melihat kedekatan pasukan antara U.S. Marine dengan Taifib Marinir Indonesia sangat terasa.

Baca juga: Panglima TNI Pantau Super Garuda Shield di Lingga, Singapura dan AS Ikut Serta

Baca juga: Aksi TNI AL, Tentara Singapura dan Amerika Serikat Pukau Warga Lingga

"Mudah-mudahan dari interaksi tadi, anggota kita dan mereka bisa menjalin persahabatan. Itu tujuan utamanya lebih interaksi dan menjalin pertemanan," tuturnya.

Andika mengaku bangga dengan prajurit-prajurit yang telah tampil maksimal dalam SGS itu, meski diguyur hujan deras.

"Saya bangga kepada mereka, saya yakin mereka melihat hal baru. Apa yang bagus bisa kita kembangkan, apa yang kurang itulah yang menjadi kenyataan. Yang kita cari adalah justru kesamaannya saja," jelasnya.

Diketahui, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin langsung pasukan laut dari atas kendaraan tempur (Ranpur) amphibi jenis LVT-7.

Latihan Super Garuda Shield 2022 ini melibatkan lebih dari 4.000 personel yang berasal dari 14 negara di kawasan Indo-Pasifik.

TNI AL memberikan penghargaan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, yakni pengangkatan sebagai Warga Kehormatan Marinir, serta Penganugerahan Brevet Kehormatan Anti Teror Aspek Laut dan Brevet Intai Amfibi Korps Marinir. (Tribunbatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved