Breaking News:

Pemkab Karimun

Perayaan HUT RI di Karimun, Bupati Izinkan Masyarakat Buat Lomba 17 Agustus

Bupati Karimun Aunur Rafiq sebut perayaan HUT RI tahun ini di Karimun akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Akan ada lomba 17 Agustus dan lainnya

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Foto Bupati Karimun Aunur Rafiq, beberapa waktu lalu. Rafiq sebut tahun ini pemda sudah membuka diri dan masyarakat boleh gelar lomba semarak 17 Agustus 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Semarak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) di Kabupaten Karimun tahun 2022 akan berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, masyarakat Karimun sudah rindu peringatan HUT ke-77 RI yang dimeriahkan berbagai macam kegiatan.

"Tahun ini, Alhamdulillah kita sudah membuka diri. Artinya event-event 17 Agustus sudah kita buka, karena masyarakat sudah rindu," ujar Aunur Rafiq, Selasa (16/8/2022).

Sebelumnya, lonjakan kasus Covid-19 dua tahun terakhir membuat Pemerintah Kabupaten Karimun meniadakan sejumlah rangkaian kegiatan sakral.

Sehingga pelaksanaan upacara dalam dua tahun terakhir, hanya dilakukan oleh tiga orang purna Paskibraka angkatan XXII.

Baca juga: Bupati Karimun Aunur Rafiq Kukuhkan 30 Anggota Paskibra Tingkat Kabupaten

Saat itu tidak ada penjaringan pasukan pengibar bendera pusaka di lapangan yang menjadi ikonik Karimun di Coastal Area.

Selain itu, pemerintah juga melarang masyarakat membuat event perlombaan di masing-masing wilayah yang menjadi tradisi saat memperingati momentum HUT RI.

"Tapi kali ini kita sudah bisa menyesuaikan dengan kondisi. Tahun ini akan ada kegiatan malam Taptu dan malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan di Kundur. Itu merupakan rangkaian HUT RI tahun ini," ujarnya.

Menurutnya, penanganan Covid-19 dan capaian vaksinasi di Karimun sudah cukup baik. Sehingga menjadi alasan pemerintah daerah untuk kembali menyemarakkan peringatan HUT RI.

Namun, Rafiq meminta agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan masing-masing.

Hal itu karena penyebaran Covid-19 di Karimun masih ada, meskipun tidak terlalu menonjol dalam arti masih bisa dilakukan penanganan.

"Silakan masyarakat boleh membuat semarak kemerdekaan dengan lomba-lomba di masing-masing desa atau kecamatan. Tetapi perlunya untuk menjaga prokes," ujarnya. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved