Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Sekdaprov Kepri Buka Festival Kopi Merdeka, Ajak Warga Jaga Budaya Melayu

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara membuka Festival Kopi Merdeka di Kota Tua, Tanjungpinang, Sabtu (20/8/2022). Ia menyerukan untuk menjaga tradisi Melayu

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Biro Adpim Pemprov Kepri
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Sekdaprov Kepri), Adi Prihantara hadir dan membuka Festival Kopi Merdeka di pusat jalan Merdeka, Kota Tua, Tanjungpinang, Sabtu (20/08/2022) malam. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Komunitas Kedai Kopi yang diinisiatori oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungpinang Joko Yuhono dan stakeholder terkait, menggelar Festival Kopi Merdeka.

Kegiatan tersebut dibuka Sekertaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara di pusat jalan Merdeka, Kota Tua, Tanjungpinang, Sabtu (20/08/2022) malam.

Tradisi minum kopi (Ngopi) pada masyarakat, sangat akrab dengan Budaya Melayu yang telah diwarisi secara turun-temurun di Provinsi Kepulauan Riau.

Mendapati adanya peluang usaha, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendirikan kedai kopi.

Maraknya keberadaan kedai kopi di Tanjungpinang diwadahi dengan suatu perkumpulan dengan nama Komunitas Kedai Kopi (K3) yang menggandeng banyak generasi muda dan tokoh-tokoh masyarakat Tanjungpinang yang memiliki banyak talenta terhadap seni dan budaya tentunya.

Baca juga: Gubernur Kepri Hadiri Malam Resepsi Hari Kebangsaan Singapura ke 57 di Batam

Sekdaprov Kepri buka Festival Kopi Merdeka di Tanjungpinang 1
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Sekdaprov Kepri), Adi Prihantara hadir dan membuka Festival Kopi Merdeka di pusat jalan Merdeka, Kota Tua, Tanjungpinang, Sabtu (20/08/2022) malam.

"Pemprov Kepri sangat mengapresiasi apa yang digagas oleh Komunitas Kedai Kopi yang juga diinisiatori bapak Joko Yuhono, kegiatan seperti ini tentunya sangat bermanfaat bagi banyak pihak, memberdayakan adat melayu kepada masyarakat luas tentunya," sebut Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara dalam kata sambutannya.

Kemudian Adi menyebutkan, bahwa positifnya kegiatan festival ini dapat memberikan wadah kepada pelaku UMKM dalam pemasarannya.

Yang lebih utamanya lagi, kegiatan-kegiatan seperti ini akan menghidupkan Jalan Merdeka sebagai pusat perekonomian dan bahkan dapat menjadi objek wisata bagi para wisatawan kedepannya.

"Mari kita semua lestarikan Budaya Melayu. Kepada masyarakat luas dan juga kepada generasi muda agar lebih mengenal Budaya Melayu, perlu dihelat festival-festival dan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan budaya kitaz kebiasaan kita," ajaknya.

Sementara itu, Kajari Tanjungpinang, Joko Yuhono mengatakan bahwa, festival ini merupakan komitmen dari program Jaksa Agung RI dan juga Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dalam mendorong pemulihan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Wakil Gubernur Kepri Ulang Tahun, Ansar Ahmad Beri Marlin Agustina Kejutan

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved