Breaking News:

LINGGA TERKINI

HUTAN Mangrove Desa Mamut Lingga Terancam Punah, Diduga Gegara Dapur Arang Ilegal

Hutan mangrove di Desa Mamut, Senayang, Lingga terancam punah. Penyebabnya diduga akibat maraknya dapur arang ilegal yang dikuasai pengusaha besar.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Tri Indaryani
Pemdes Mamut
Hutan mangrove di Desa Mamut, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepri mulai sedikit akibat ditebang liar 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Hutan bakau atau mangrove di Desa Mamut, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terancam punah.

Jika punah, akan berimbas bagi masyarakat setempat yang mengandalkan hidup dari mencari ikan, kepiting, udang di kawasan mangrove tersebut. 

Berkurangnya jumlah bakau di kawasan tersebut diduga akibat maraknya dapur arang di Pulau Petai yang berlokasi di Dusun II, RT 04, RW 02.

Pasalnya, dapur arang yang didominasi pengusaha besar itu memproduksi besar-besaran dan diduga tidak memiliki izin.

Kadus II Desa Mamut, Iwan dalam keterangan menyebutkan, produksi arang dengan bahan bakunya kayu bakau tersebut secara tidak langsung telah merusak lingkungan sekitar.

“Miris kita melihat, hutan mangrove dibabat untuk kepentingan pengusaha. Sementara upaya revitalisasi tidak ada. Ini yang membuat masyarakat tempatan kelimpungan," kata Iwan, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Tudung Manto Lingga Jadi Ikon Andalan Peserta Pawai Pembangunan di Dabo Singkep

Dia menjelaskan, beberapa desa yang memiliki kawasan bakau di wilayah Desa Mamut, seperti Dusun II Ujung Kayu, hutan mangrovenya kini sudah rusak.

Sementara dia menilai, mangrove merupakan merupakan tempat berkembang biaknya habitat laut. 

Sehingga masyarakat desa menggantungkan hidup dari mencari ikan.

Karena itu, Iwan berharap kepada Pemerintah Daerah Lingga khususnya instansi terkait bisa turun ke ke Desa Mamut, untuk menyelesaikan persoalan yang telah menggangu kehidupan sosial masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved