Breaking News:

Bank Indonesia Kepri

Tindak Lanjut GNPIP, Pemerintah Adakan Bazar Murah Untuk Masyarakat

Ratusan warga menyerbu lapak Bazar Pangan Murah yang dibuka pemerintah di Pantai Piwang, Jalan Soekarno-Hatta, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur

ist
Ratusan warga menyerbu lapak Bazar Pangan Murah yang dibuka pemerintah di Pantai Piwang, Jalan Soekarno-Hatta, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Minggu (28/8/2022) pagi. 

TRIBUNBATAM.id, NATUNA - Ratusan warga menyerbu lapak Bazar Pangan Murah yang dibuka pemerintah di Pantai Piwang, Jalan Soekarno-Hatta, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Minggu (28/8/2022) pagi.

Tampak lapak Bazar Pangan Murah bertenda biru itu dipadati warga usai mengikuti senam bersama di Pantai Piwang.

Di sana dijual berbagai kebutuhan pokok dengan harga lebih murah. Di antaranya adalah cabe, telur, bawang merah, bawang putih, beras, minyak goreng, gula, dan kentang

Sejumlah kebutuhan pokok itu dijual dengan harga lebih murah, masing-masing harganya yaitu:

- bawang merah india dijual dengan harga Rp 15 ribu per kilogram.
- bawang merah jawa dijual dengan harga Rp 26 ribu per kilogram.
- cabe merah keriting dihargai Rp 56 ribu per kilogram
- cabe keriting kering dihargai Rp 22 ribu per 250 gram.
- telur dibanderol Rp 16 ribu, Rp 17 ribu dan Rp 18 ribu per 10 butir.
- minyak goreng curah dijual Rp 12 ribu per liter.
- beras premium 5 kilogram dijual Rp 50 ribu.
- beras medium 5 kilogram dijual Rp 45 ribu.
- gula dijual dijual Rp 13 ribu per kilogram, dan
- kentang dijual dengan harga Rp 15 ribu per kilogram.

Tidak hanya itu, di sana juga dijual sejumlah produk Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengelolaan Hasil Laut Natuna yaitu, kerupuk atom dan kerupuk lainnya.

Diketahui, Pelaksanaan Bazar Pangan Murah merupakan tindak lanjut dari launching Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) pada 22 Agustus 2022 yang telah ditandatangani bersama oleh Gubernur Provinsi Kepri, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Forkopimda Kepri serta seluruh Kabupaten Kota se-provinsi Kepri.

GNPIP memiliki 3 pesan utama yaitu Peningkatan produksi, Memperluas KAD dan Upaya stabilisasi harga. Upaya stabilisasi harga dalam jangka pendek dilakukan dengan kegiatan bazar pangan murah.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna yang berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepri dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri. Dalam hal ini Pemprov Kepri ialah Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri, ASDP serta Bulog.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengendalikan harga kebutuhan bahan pangan serta dapat menekan laju inflasi Kepulauan Riau yang saat ini sebesar 6,09 persen (yoy) dan berada di luar target sasaran inflasi nasional sebesar 3±1 persen

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved