Breaking News:

PUBLIC SERVICE

Harga Bakal Naik, Ketahui 5 Perbedaan Pertalite dan Pertamax Sebelum Beli di SPBU

Ada beberapa perbedaan antara Pertalite dan Pertamax tidak hanya dari harganya melainkan dari nilai oktan, kompresi mesin, tingkat polusi dan lainnya.

Istimewa
Seorang petugas SPBU sedang mengisi Pertalite pada kendaraan. Ketahui perbedaan Pertalite dan Pertamax sebelum membeli di SPBU. 

TRIBUNBATAM.id - Isu kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite pada awal Sepetember 2022 menjadi topik hangat di tengah masyarakat.

Bahkan masyarakat sudah berbondong-bondong membeli Pertalite pada 31 Agustus malam, namun nyatanya kenaikan tidak terjadi pada 1 September.

Justru yang terjadi penurunan harga BBM nonsubsidi, jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite di seluruh SPBU Pertamina di Indonesia pada 1 Sepetember 2022. 

“Penyesuaian harga BBM Pertamax Turbo dan Dex Series sekaligus, sebagai upaya kami mendorong masyarakat untuk dapat menggunakan produk-produk BBM Pertamina yang berkualitas dengan nilai angka oktan dan cetane yang tinggi, serta lebih ramah lingkungan,” ungkap Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dilansir dari kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Ada beberapa perbedaan antara Pertalite dan Pertamax selain dari segi harga.

Misalnya saja nilai oktan, kompresi mesin, tingkat polusi dan lainnya.

Baca juga: Tips dan Cara Hemat BBM di Tengah Kabar Naiknya Harga Pertalite

Baca juga: Cek Mobilmu, Inilah Deretan Kendaraan yang Boleh dan Tidak Boleh Beli Pertalite

Untuk itu, sebelum membeli BBM jenis apa di SPBU, ada baiknya untuk mengetahui lebih rinci perbedaan antara Pertalite dan Pertamax berikut ini:

  • Nilai oktan

Pertalite dan Pertamax memiliki nilai oktan yang berbeda.

Berdasarkan siaran pers, insurance marketplace Lifepal.co.id Jumat (2/9/2022), Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) 90 dan Pertamax 92.

Angka ini menunjukan bahwa besaran tekanan yang bisa diberikan sebelum pembakaran bensin secara spontan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved