Breaking News:

BATAM TERKINI

INSA Batam Akan Rapat dengan Gubernur Kepri Bahas Tarif Kapal Pasca Harga BBM Naik

Perwakilan INSA Batam, Awang menyebut, pihaknya akan bertemu Gubernur Kepri bahas penyesuaian tarif kapal penumpang pasca harga BBM naik, besok

Penulis: Pertanian Sitanggang | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Pertanian Sitanggang
Calon penumpang saat membeli tiket kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang Batam, Selasa (6/9/2022). Sejumlah pengusaha kapal mengeluhkan kenaikan harga BBM. Dampaknya mereka mengusulkan penyesuaian tarif tiket kapal 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pengusaha kapal ferry yang melayani pelayaran penumpang dari Pelabuhan Domestik Sekupang Batam mengeluhkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik.

Padahal saat ini jumlah penumpang kapal belum seberapa. Seperti untuk tujuan Dumai, jumlah penumpang masih di bawah 150 orang, sementara kapasitas kapal 300 lebih.

Kondisinya diperparah dengan kenaikan harga BBM.

Asmadi, pengerus kapal Dumai Line Group mengatakan, kenaikan harga BBM yang terjadi saat ini sangat menyesakkan bagi pengusaha yang bergerak di bidang pelayaran angkutan penumpang.

"Setiap hari kita memberangkatkan kapal group Dumai Line, paling sedikit lima kapal," ujarnya, Selasa (6/9/2022).

Rinciannya satu kapal tujuan Tanjung Buton, satu kapal tujuan Dumai, satu kapal tujuan Selat Panjang, dan sisanya ke Tanjung Balai Karimun.

Dari lima kapal yang diberangkatkan itu, jumlah penumpang per harinya masih jauh dari kapasitas kapal.

"Bisa dikatakan setengah dari kapasitas kapal tidak penuh. Jadi kita hanya bakar minyak, sementara semua kapal sudah terjadwal," kata Asmadi.

Belum lagi pihaknya harus membayar gaji karyawan, perawatan kapal dan juga pengurusan surat-surat lainnya. Kondisinya semakin berat.

Pihaknya sudah menyampaikan keluhan ini kepada organisasi agar secepatnya dilaksanakan penyesuaian tarif angkutan kapal.

"Kalau hal ini semakin lama, kita yang nantinya tidak sanggup beroperasi," kata Asmadi.

Baca juga: Gubernur Kepri Sebut Ada Operator Ajukan Kenaikan Tarif Kapal

Di tempat terpisah Awang, Kepala Bidang Penumpang Kapal Ferry DPC INSA Batam mengatakan, mereka sudah melakukan rapat internal terkait keluhan pengusaha yang terdampak kenaikan harga BBM.

"Besok (Rabu, 7/9/2022, red) kita akan rapat bersama gubernur untuk penyesuaian tarif," katanya.

Ia mengatakan, INSA Batam sifatnya hanya memberikan usulan. Keputusan tetap berada di tangan Gubernur Kepri.

"Harapan kita penyesuaian tarif ini harus disegerakan, karena sangat berdampak terhadap pengusaha kapal khusus angkutan," kata Awang.

Baca juga: Tarif Tiket Pompong ke Belakangpadang Batam Naik, Dampak Kenaikan Harga BBM

Ia juga mengharapkan rapat besok hari bersama gubernur, bisa mengeluarkan keputusan yang terbaik. Baik untuk pengusaha kapal penumpang dan juga masyarakat pengguna jasa angkutan transportasi laut. (Tribunbatam.id/Pertanian Sitanggang)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved