Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Sekda Anambas Pimpin Rapat Finalisasi Standar Satuan Harga Tahun 2023

Sekretarias Daerah (Sekda) Anambas menilai pentingnya menyusun Standar Satuan Harga (SSH) sebagai acuan untuk Sistem Informasi Pemerintah Daerah/SIPD.

TribunBatam.id/Diskominfotik Anambas
Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas Sahtiar pimpin rapat finalisasi penyusunan Standar Harga Satuan (SHS) dan Standar Biaya Umum (SBU) di Ruang Rapat Lantai II, Kantor Bupati Pasir Peti, Selasa (6/9/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas menggelar rapat finalisasi penyusunan Standar Harga Satuan (SHS) dan Standar Biaya Umum (SBU), Selasa (6/9/2022).

Bertempat di Ruang Rapat Lantai II, Kantor Bupati Pasir Peti, rapat finalisasi tersebut dipimpin lansung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Anambas, Sahtiar.

Turut hadir sejumlah instansi terkait seperti Badan Keuangan Daerah (BKD), Bappeda dan Tim Pengelola BMD Anambas.

Sekda Anambas Sahtiar mengatakan, pembahasan penyusunan finalisasi SHS dan SBU itu dilaksanakan sesuai Permendagri No. 70 tahun 2019 dan Permendagri No. 90 Tahun 2019.

"Pembahasan finalisasi SHS/ASB tersebut nantinya, digunakan untuk implementasi aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)," ucapnya.

Baca juga: Asisten I Setdakab Anambas Sambut Baik Bhakti Kesehatan TNI AL Tarempa

Dalam aplikasi tersebut harus menyediakan empat master data seperti, Standar Harga Satuan (SHS) yang merupakan harga satuan setiap unit barang/jasa yang berlaku disuatu daerah.

Kemudian Standar Biaya Umum (SBU) berupa harga satuan setiap unit non barang/jasa seperti honorarium dan perjalanan dinas yang berlaku di suatu daerah.

Lalu Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) yang merupakan harga komponen kegiatan fisik/non fisik melalui analisis yang distandarkan untuk setiap jenis komponen kegiatan dengan menggunakan SSH sebagai elemen penyusunannya.

"Terakhir Analisa Standar Belanja (ASB) yang merupakan penilaian kewajaran atas beban kerja dan biaya yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan," jelasnya.

Sahtiar menerangkan, standar harga satuan, standar biaya umum dan analisis standar biaya disusun sebagai dasar dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) perangkat daerah tahun 2023.

Baca juga: Dampak Harga BBM Subsidi Naik, Satu-satunya Kapal Rute Batam - Anambas Stop Beroperasi

"Data itu untuk diinput melalui sistem aplikasi SIPD Kementerian Dalam Negeri," sebutnya.

Adapun percepatan penyusunan finalisasi SHS, SBU dan ASB itu kata Sahtiar, untuk segera ditetapkan sebagai Peraturan Kepala Daerah Tahun 2023 nantinya.

Pentingnya Standar Satuan Harga (SSH) menjadi pedoman utama dalam merencanakan belanja karena pola penganggaran pada SIPD mengacu kepada Standar Satuan Harga (SSH, SBU, HSPK dan ASB)." tuturnya.(TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved