Breaking News:

BATAM TERKINI

KSOP Batam Serahkan E Pas Kecil ke Nelayan dan Penambang Kapal di Pulau Ngenang

Memperingati Hari Perhubungan Nasional, KSOP Batam serahkan e-pas kecil dan bantuan life jacket kepada nelayan dan penambang kapal di Pulau Ngenang

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Masyarakat nelayan di Pulau Ngenang terima bantuan life jaket dan e-pas kapal gratis dari KSOP Batam, Jumat (9/9/2022) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Puluhan nelayan dan penambang kapal di Kelurahan Ngenang, Kecamatan Nongsa, Kota Batam menerima dokumen E-pas kecil kapal secara gratis dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam, Jumat (9/9/2022) pagi.

Selain dokumen e-pas, para nelayan dan penambang kapal itu juga mendapat bantuan life jaket.

Itu dilakukan KSOP Batam untuk mengampanyekan keselamatan pelayaran bagi masyarakat nelayan dan penambang kapal kecil di Pulau Batam.

Menerima dokumen e-pas kapal gratis dan life jaket, puluhan warga pulau itu tampak antusias. Masing-masing penambang turun langsung dari kapal.

Kepala KSOP Khusus Batam Rivolindo melalui Kepala Bidang Kelaiklautan Kapal Mappeati mengatakan, penyerahan e-pas kecil kapal dan life jaket secara gratis kepada pemilik kapal di Pulau Ngenang dan sekitarnya ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022.

"Ya, pada hari ini ada 12 pas kecil kapal yang kita serahkan kepada pemilik kapal di Pulau Ngenang," ujarnya.

Mappeati menyebutkan, setiap kapal yang terdaftar dan berlayar di laut wajib memiliki surat tanda kebangsaan kapal.

Termasuk bagi kapal dengan ukuran di bawah GT 7, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2018 tentang pelayaran.

Baca juga: KSOP Karimun Fasilitasi Nelayan dan Pemilik Kapal Buat E Pas Kecil secara Gratis

Dokumen pas kecil kapal adalah surat tanda kebangsaan kapal Indonesia yang diberikan untuk kapal yang berlayar di laut berukuran kurang dari GT 7.

Sebagian besar terdiri dari kapal-kapal tradisional dan kapal nelayan dengan jumlah yang banyak.

“Berkaitan dengan hal tersebut maka kami selaku pihak yang berwenang di bidang pelayaran telah melaksanakan pengukuran dan pemeriksaan keselamatan kapal dan selanjutnya menerbitkan pas kecil dan lampiran pas kecil," lanjut Mappeati.

Ia melanjutkan, pas kecil ini sangat penting dimiliki oleh kapal-kapal berukuran kurang dari GT 7.

Selain untuk menunjang keselamatan pelayaran, berguna juga untuk mendata dan memverifikasi ulang kapal-kapal yang ada di seluruh Indonesia.

Ia menambahkan, sebagai informasi pas kecil merupakan dokumen penting yang dapat digunakan sebagai dokumen kepemilikan kapal, surat tanda kebangsaan kapal, keamanan melakukan pelayaran, jaminan kredit usaha serta memberikan kemudahan pendataan jika terjadi bahaya di laut atau saat berlayar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved