Breaking News:

BATAM TERKINI

Harga BBM Naik, Tarif Angkutan Umum di Batam Bakal Naik Maksimal 20 Persen

Tarif angkutan umum di Batam akan mengalami kenaikan sebesar 20 persen setelah kenaikan harga BBM.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id
Sejumlah angkutan umum antre di Mukakuning. Tarif angkutan umum di Batam akan mengalami kenaikan sebesar 20 persen setelah kenaikan harga BBM. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi berdampak pada tarif angkutan umum.

Tarif angkutan umum di Kota Batam akan disesuaikan sebesar maksimal 20 persen. 

"Trayek yang disetujui oleh provinsi ada kenaikan 20 persen. Tapi ada wilayah tertentu di atas 20 persen, ada juga wilayah lain justru di bawah 20 persen. Jadi kayak subsidi silang seperti itu permintaan oleh Organda (Organisasi Angkutan Daerah)," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Batam Salim, Selasa (13/9/2022).

Diakuinya, penyesuaian tarif angkutan umum masih menunggu persetujuan Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Kenaikan tersebut, sebelumnya sudah dibahas bersama Dishub Batam, Organda, Dewan Transportasi Kota Batam (DTKB), dan perwakilan kendaraan lainnya pasca Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. 

"Kenaikan tarif angkutan umum dan lainnya tinggal menunggu persetujuan Pak Wali (Rudi). Kita sudah rapatkan dengan Organda, DTKB dan perwakilan lainnya. SK ini sedang disiapkan bagian hukum untuk ditandatangani pimpinan," kata Salim.

Salim berharap masyarakat pengguna angkutan umum bisa memaklumi penyesuaian tarif yang akan diberlakukan nantinya.

Ia pun menegaskan, untuk saat ini tarif masih normal belum ada kenaikan.

Baca juga: KECELAKAAN DI BATAM, Sebuah Mobil Trailer Terbalik Hantam Jalan di Simpang Taiwan

"Kalau saat ini belum ada yang naik. Setelah SK penyesuaian ditandatangani baru diberlakukan. Jelasnya, tarif jauh dekat bervariasi tergantung trayeknya kemana mana. Kenaikan maksimal 20 persen, jadi ada yang tidak naik dan ada yang naik," katanya.

Sementara itu terkait surat resmi penyesuaian tarif boat pancung Sekupang ke Belakangpadang yang dilayangkan Persatuan Pengemudi Motor Sangkut (PPMS), sudah diterima pihaknya. 

Dari pengumuman tersebut diberitahukan bahwa pihak PPMS memberitahukan penyesuaian tarif dengan harga BBM saat ini, yang mulai berlaku sejak 5 September 2022.

Ia menambahkan, untuk harga tiket boat pancung tujuan Sekupang ke Belakangpadang maupun sebaliknya mengalami kenaikan sebesar Rp 2 000 per orang untuk sekali jalan. 

"Ada, pemberitahuan sudah kita terima 3 hari lalu. Ada kenaikan Rp 2.000, sesuai kesepakatan PPMS ada permintaan naik pasca BBM naik. Dari harga Rp 18 ribu naik Rp 20 ribu," katanya.

Dipengumuman selanjutnya, untuk carter boat pancung juga disesuaikan, untuk harga sewa 1-4 orang naik Rp 20.000 atau sekarang menjadi Rp160.000 dan harga sewa 5-10 orang tetap Rp 200.000.

Dan jika lebih dari 10 orang akan dikenakan harga normal per orangnya. (TRIBUNBATAM.id/ Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved