Breaking News:

Pemkab Karimun

9438 Keluarga di Karimun Terima Program BLT BBM Rp 600 Ribu secara Bertahap

Penyaluran BLT BBM di Karimun dilakukan dua tahap. Tahap pertama September, dan tahap kedua di bulan November sebesar Rp 300 ribu

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
Dok.Pemkab Karimun
Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan bantuan BLT BBM secara simbolis kepada 9.438 KPM di Kantor Pos, Kamis (15/9/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Karimun menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Program Sembako di Kantor Pos, Kamis (15/9/2022).

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, BLT merupakan program pemerintah pusat yang disalurkan kepada tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Karimun.

"Program BLT ini diserahkan kepada KPM guna meringankan beban masyarakat dari dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM)," ujar Bupati Rafiq.

Bantuan uang tunai sebesar Rp 600 ribu itu disalurkan kepada KPM secara bertahap mulai September hingga Desember 2022.

"Untuk Kabupaten Karimun, pemerintah pusat menyalurkan BLT BBM sebesar Rp 600 ribu kepada 9.438 KPM yang tersebar di seluruh kecamatan se-Karimun," ujarnya.

Penyaluran BLT BBM ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama di bulan September, dan tahap kedua di bulan November sebesar Rp 300 ribu.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Kepri Apresiasi Bantuan Angkutan Kebersihan dari Pemkab Karimun

Penyaluran BLT ini dipusatkan di Kantor Pos setiap kabupaten atau kota. Bupati Rafiq menegaskan, bagi penerima yang berhalangan hadir, petugas pos siap membantu.

"Apabila penerima terkendala datang ke kantor pos dengan alasan seperti kondisi kesehatan, maka petugas yang akan menyalurkan BLT ke rumah penerima," ujarnya.

Adapun nama-nama penerima BLT BBM ini, berdasarkan data dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Daftar KPM yang menerima BLT ditentukan oleh Kemensos melalui DTKS. Jumlah KPM yang kita ajukan sebanyak 95 ribu dan yang diterima sebanyak 9.435 KPM," ujarnya.

Baca juga: DKP Karimun Luncurkan Aplikasi SilahKan, Jangkau Pelaku Perikanan yang Tinggal di Pesisir

"Artinya, dari pemerintah pusat hanya mampu memberikan di bawah angka yang diajukan. Jadi perlu ditegaskan pada masyarakat, Pemerintah Daerah dalam hal ini hanya menyalurkan bantuan tersebut," ujarnya.

Berikut rincian jumlah KPM yang menerima bantuan BLT BBM di Kabupaten Karimun yakni;

Kecamatan Belat sebanyak 607 KPM, Buru 1085 KPM, Durai 485 KPM, Karimun 854 KPM, Kundur 956 KPM, Kundur Barat 1314 KPM, Kundur Utara 473 KPM, Meral 850 KPM, Meral Barat 790 KPM, Moro 1209 KPM, Tebing 595 KPM dan Ungar 220 KPM. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved