Breaking News:

DKP Karimun Luncurkan Aplikasi SilahKan, Jangkau Pelaku Perikanan yang Tinggal di Pesisir

Bupati Karimun, Aunur Rafiq sebut tujuan aplikasi Silah_Kan ini untuk membantu menyejahterakan dan mempermudah para pelaku perikanan di Karimun

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
Tribunbatam.id/YeniHartati
Launching aplikasi Silah_Kan sekaligus pemberian bantuan operasional kepada penyuluh perikanan di wilayah Kabupaten Karimun, baru-baru ini 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Karimun melaunching aplikasi penunjang Sistem Informasi LAyanan Hibah PeriKANan (Silah_Kan).

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, tujuan hadirnya aplikasi Silah_Kan ini untuk membantu menyejahterakan dan mempermudah para pelaku perikanan di wilayah Karimun.

"Manfaat aplikasi ini guna mempermudah pelaku perikanan untuk mendapatkan layanan hibah sarana prasarana perikanan, tanpa harus tatap muka," ujar Rafiq, Selasa (13/9/2022).

Melalui aplikasi Silah_Kan, Bupati Rafiq berharap para pelaku usaha perikanan mendapatkan pelayanan yang maksimal dari DKP Karimun.

"Para pelaku perikanan ini rata-rata tinggal di wilayah pesisir dan hinterland. Dengan adanya aplikasi ini maka para pelaku perikanan tidak perlu lagi datang ke kantor dan tetap bisa dilayani dengan baik," ujarnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menunjang para petugas lapangan atau penyuluh perikanan dari UPT Pelayanan Usaha Perikanan dan Balai Benih Ikan (BBI) DKP Karimun.

"Sehingga para petugas lapangan bisa membantu pelaku perikanan, dalam mengakses aplikasi yang dan dapat membuat layanan administrasi lebih mudah serta cepat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKP Karimun, Ahmadi mengajak agar memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah pelaku utama perikanan. Salah satunya dari aplikasi Silah_kan ini.

Baca juga: Polres Karimun Bakar 30 Kg Lebih Ganja Kering Barang Bukti Kasus Narkoba

"Untuk mendapatkan berbagai pelayanan, sehingga dengan digitalisasi ini pelayanan yang diberikan lebih efisien, cepat, dan akuntabel," ujar Ahmadi.

Dengan dilaunchingnya aplikasi ini, pihaknya juga berharap tidak ada lagi pelaku utama perikanan yang tidak bisa mendapatkan layanan hibah perikanan.

"Semuanya mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengakses layanan di bidang perikanan, dengan dibantu oleh petugas kami di lapangan," ujarnya.

Dalam launching aplikasi Silah_Kan turut dihadiri Ketua DPRD Karimun, Dandim 0317/TBK, Ketua Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun (NTKK), para kepala UPT PUP seKabupaten Karimun serta petugas lapangan di DKP Kabupaten Karimun. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved