Breaking News:

Demo Buruh di DPRD Karimun, Tuntut Tolak Kenaikan Harga BBM hingga Upah yang Layak

Ada tiga tuntutan buruh saat demo di DPRD Karimun, Kamis (15/9). Di antaranya tolak kenaikan harga BBM, batalkan UU omnibus law dan cipta kerja.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Para buruh yang bergabung dalam KSPSI Karimun demo di Kantor DPRD Kabupaten Karimun, Kamis (15/9/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menggelar unjuk rasa di Kantor DPRD Kabupaten Karimun, Kamis (15/9/2022).

Puluhan buruh itu menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun terkait penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Selain itu, mereka meminta pemerintah membatalkan Undang- undang Omnibus LAW dan Cipta Kerja, serta meminta agar buruh mendapatkan upah yang layak.

Kordinator lapangan Hasni Darwis menyampaikan, kenaikan harga BBM tersebut berdampak pada aktivitas perekonomian dan sumber daya masyarakat kecil khususnya buruh.

Para buruh dalam unjuk rasa itu juga membawa spanduk yang bertuliskan 'BBM naik, minyak goreng naik, listrik naik, yang turun cuma satu kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah'.

Kemudian 'Cerita ratu horor kalah seram dengan cerita kenaikan harga BBM' tulis buruh lagi.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat hadir untuk mendengarkan langsung tuntutan para buruh.

Baca juga: 9438 Keluarga di Karimun Terima Program BLT BBM Rp 600 Ribu secara Bertahap

Bupati Rafiq mengatakan, ada tiga tuntutan unjuk rasa para buruh. Yakni terkait kenaikan harga BBM, UU Omnibus LAW dan Cipta Kerja, serta mendapatkan upah yang layak.

"UU Omnimbus Law dan Cipta Kerja sedang berproses, Mahkamah Agung telah menerima gugatan yang disampaikan buruh, dan meminta pemerintah dalam tempo 2 tahun segera merevisi," ujar Bupati Rafiq.

Melalui DPRD Karimun, pihaknya akan menyurati Pemerintah Pusat agar permasalahan ini dipercepat dan tidak harus menunggu hingga dua tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved