Breaking News:

Hari Perhubungan Nasional 2022, KSOP Khusus Batam Tanam Mangrove di Setokok

KSOP Khusus Batam memilih Pantai Setokok, Pulau Rempang untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022 pada 17 September tahun ini.

TribunBatam.id/Dok KSOP Khusus Batam
Masyarakat bersama KSOP Khusus Batam menanam bibit mangrove dan bersih Pantai Setokok Barelang, Jumat (16/9/2022) Kunjungan KSOP Khusus Batam ini dgelar dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam memilih Pantai Setokok, Pulau Rempang untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) pada 17 September tahun ini.

Di sana, anggota KSOP Khusus Batam bersama warga sekitar selain mengampanyekan keselamatan transportasi laut, melaui momentum Hari Perhubungan Nasional, mereka juga lewat bersih pantai dan penanam bibit pohon mangrove.

Penanaman bibit pohon mangrove oleh personel KSOP Khusus Batam ini dalam rangka Hari Perhubungan Nasional ini berlokasi di Pantai Setokok, Pulau Rempang, Barelang, Jumat (16/9/2022).

Ada sebanyak 500 bibit pohon bakau yang ditanam dibibir pantai Setokok itu.

Penanaman dilakukan setelah berkarung-karung sampah berhasil dibersihkan dan diangkut keluar dari pantai.

Baca juga: KSOP Khusus Batam Investigasi Sebab MV Dumai Line 5 Terbakar, Surati Agen Pelayaran

Dalam aksi itu, seluruh pegawai KSOP Batam diturunkan untuk membersihkan pantai. Selain KSOP, juga turut dinas Perhubungan Batam dan masyarakat sekitar.

“Aksi bersih pantai dan menanam pohon mangrove ini untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara,” ujar Kepala KSOP Batam, Revolindo.

Dikatakannya, aksi yang dilakukan pihaknya disejalankan pada momen hari perhubungan nasional bukan hanya sekedar mengambil sampah lalu membuang pada tempatnya, melainkan aksi ini sebagai upaya peran serta Kemenhub mengurangi sampah di laut.

“Tentu juga menjadi sarana edukasi dan mengajak meningkatkan kesadaran kita bersama untuk menjaga lingkungan,” katanya.

Daerah Pulau Setokok merupakan daerah hinterland yang sebagian besar luas wilayahnya adalah laut.

Pantainya dipilih karena merupakan salah satu lokasi kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Penanaman Mangrove (PKPM) di Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021.

Baca juga: Kapal Berbendera Singapura Ditangkap KSOP Khusus Batam Saat Ship to Ships

Daerah ini juga menyimpan potensi besar di bidang kelautan dan pertanian. Oleh karena itu, menurut Revolindo, penting agar masyarakat memahami manfaat memelihara lingkungan.

“Kami memberikan motivasi supaya gaya hidup mencintai lingkungan itu terus membudaya. Karena budaya ini membentuk kebiasaan baik, mengurangi potensi bencana, memperbaiki keseimbangan ekologi, dan meningkatkan kemandirian ekonomi,” tutur Kepala KSOP Khusus Batam, Revolindo.(TRIBUNBATAM.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved