Breaking News:

KSOP Karimun Serahkan E Pas Kecil ke Ratusan Nelayan di Desa Tulang Selat Gelam

Kepala KSOP Karimun Jon Kenedi sebut, e pas kecil yang diserahkan ke nelayan Desa Tulang ini sebagai tanda legalitas yang harus dimiliki pemilik kapal

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Kepala KSOP Karimun, Jon Kenedi secara simbolis menyerahkan e-pas kecil dan bantuan life jacket kepada nelayan Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun, Selasa (20/9/2022) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun memberikan pas kecil elektronik (E-Pass) ke nelayan Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun, Selasa (20/9/2022).

Penyerahan E-pas kecil tersebut turut dihadiri Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kepala KSOP Karimun, Jon Kenedi, dan para nelayan di Desa Tulang.

Jon Kenedi mengatakan, ada ratusan e-pas kecil yang diserahkan pihaknya kepada nelayan Desa Tulang Karimun. Nelayan itu rata-rata memiliki kapal di bawah 7 gross tonage (GT).

"Hari ini kita serahkan e-pas kecil kepada 200 orang nelayan Desa Tulang sebagai legalitas keabsahan kapal yang harus dimiliki setiap pemilik kapal," ujar Jon Kenedi.

Jon menambahkan, adanya e-pas kecil ini memudahkan proses identifikasi kapal melalui scan dari smartphone QR barcode yang tertera pada kartu tersebut.

Selain itu, E-pas kecil juga bermanfaat bagi nelayan sebagai persyaratan mendapat peminjaman dana dari bank serta mendapatkan program subsidi dari pemerintah pusat maupun daerah.

Baca juga: KSOP Batam Serahkan E Pas Kecil ke Nelayan dan Penambang Kapal di Pulau Ngenang

"Jadi tujuannya guna mencegah tindakan yang melanggar aturan seperti kepemilikan kapal ganda oleh nelayan atau pemilik kapal lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad turut memberikan apresiasi adanya e-pas kecil yang diberikan kepada nelayan dan berbasis elektronik.

"Dengan adanya e-pas kecil ini tentunya pemprov mengapresiasi. Dengan ini kapal di bawah 7 GT jelas memiliki data kepemilikan atau dokumen yang jelas," ujar Ansar.

Ansar menyebut, pihaknya melalui Pemprov Kepri juga tengah menggagas sistem dengan digitaliasi, sehingga dapat disejalankan dalam koneksi data nelayan.

"Tentu ini kemajuan yang bagus, dan kita semua juga sedang mendorong program digitalisasi hingga ke daerah-daerah," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengecekan di tujuh kabupaten atau kota di Kepri dalam pelayanan publik mengenai pengurusan dokumen.

Baca juga: KSOP Karimun Fasilitasi Nelayan dan Pemilik Kapal Buat E Pas Kecil secara Gratis

"Dengan adanya ini kita akan terus mendorong perluasan digitalisasi di tengah masyarakat, dan memberikan edukasi tentang e-pas kecil ke masyarakat nelayan," ujarnya.

Penyerahan e-pas kecil oleh KSOP Karimun ini disejalankan dengan penyerahan bantuan life jacket dan sembako kepada masyarakat di Desa Tulang. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved