Breaking News:

BATAM TERKINI

6.317 Siswa SMP di Batam Ikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer

6.317 siswa tingkat SMP dari 193 sekolah di Batam mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Namun 13 sekolah di antaranya masih numpang.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan, ada sebanyak 6.317 siswa tingkat SMP di Batam yang mengikuti ANBK dari 193 sekolah. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ada sebanyak 6.317 siswa tingkat SMP di Batam yang mengikuti dari 193 sekolah.

Dengan rincian 180 sekolah melaksanakan secara mandiri atau di sekolah masing-masing dan 13 sekolah lainnya masih menumpang di sekolah terdekat. 

"Jadi ada 13 SMP yang menumpang ini rata-rata di hinterland (pulau penyangga) dan itu lebih berorientasi moda semi online (ANBK)," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan di Batam, Kamis (22/9/2022).

Diakuinya, ada beberapa faktor 13 SMP tersebut masih menumpang di sekolah lain pada saat ANBK.

Di antaranya belum memiliki sarana fasilitas laptop atau komputer serta tidak ada jaringan internet atau listrik di pulau-pulau.

"Di pulau-pulau tertentu ada yang listriknya baru hidup jam 6 sore. Jadi pagi tidak ada akses listrik masuk. Maka dari itu menumpang pada sekolah yang memiliki jaringan internet dan listrik," ujar Hendri.

Baca juga: 1300 Warga Anambas Terima Dana BLT BBM dan BPNT, Ini Pesan Bupati Haris

Ia melanjutkan, jaringan internet dalam pelaksanaan ANBK di daerah setempat pada tingkat SMP berjalan lancar.

"Terkait jaringan belum ada laporan dengan resmi, tapi sejauh ini memang berjalan lancar, kita juga sudah menyurati pihak Telkom agar saat ANBK tidak ada kendala," katanya.

Seperti diketahui merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bertujuan untuk memotret atau menilai pelaksanaan pendidikan di Indonesia dan mengambil kebijakan ke depan.

Hendri menambahkan ANBK ini tidak ada hubungannya dengan kelulusan setiap sekolah 45 siswa yang di assesment. (TRIBUNBATAM.id /Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved