Breaking News:

Tour de Bintan 2022 Jadi Aksi Nyata Kembalinya Gairah Pariwisata Kepri

Pemprov Kepri akan melakukan penataan jalan untuk memaksimalkan pelaksanaan Tour de Bintan 2022 yang jadi bagian untuk gairahkan pariwisata Kepri

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Endra Kaputra
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira sebut Tour de Bintan tahun ini akan digelar pada 14-16 Oktober 2022 mendatang di Bintan 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Sebentar lagi, iven berskala internasional di Kepulauan Riau ( Kepri), khususnya di Kabupaten Bintan akan kembali dilaksanakan.

Iven yang sempat terhenti akibat wabah Covid-19 tersebut yakni Tour de Bintan.

Iven ini berbentuk perlombaan sepeda dengan rute mengelilingi Kabupaten Bintan. Mulai dari utara sampai timur daerah tersebut.

Pada tahun 2018 saja, ada sebanyak 1.200 peserta yang mengikuti Tour de Bintan. Terdiri dari peserta asal Indonesia hingga mancanegara.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira mengatakan, untuk iven Tour de Bintan tahun ini akan digelar pada 14-16 Oktober 2022 mendatang.

"Kita sudah diskusi bersama Dinas Pariwisata Bintan, iven akan dilaksanakan pada 14 sampai 16 Oktober di Kawasan Lagoi, Bintan," ujarnya, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Polres Bintan Kerahkan 160 Personel saat Tour de Bintan 2022

Disampaikannya, pada tanggal 15 Oktober untuk kategori Gran Fondo Classic, peserta akan dilepas oleh Menteri Pariwisata RI Sandiaga Uno.

"Sampai saat ini yang sudah mendaftar sebanyak 800 peserta. Tahun ini paling banyak peserta dari mancanegaranya. Ada sebanyak 35 kewarganegaraan," ujarnya.

Disebutkannya, patut disyukuri, iven tersebut telah membuktikan, bahwa wisata Kepri telah bangkit kembali setelah terhenti akibat Covid-19.

Untuk memaksimalkan iven tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri saat ini sedang melakukan penataan jalan yang nanti akan dilalui para peserta.

" Agar peserta aman dan nyaman saat melintasi jalur-jalurnya," ucapnya.

Mantan Kadispar Bintan ini juga menyampaikan, banyak dampak positif yang ditimbulkan dalam iven tersebut.

"Dampak pertama, tentu memberikan informasi kepada dunia, bahwa pariwisata di Indonesia khususnya di Kepri, terkhususnya Bintan telah hadir kembali. Aspek besar lagi dalam segi ekonomi tentu sangat berdampak. Baik penginapan, transportasi, makan dan minum , serta masyarakat secara umum mendapatkan hiburan," sebutnya.

Baca juga: Peserta Tour de Bintan 2022 Tak Perlu Tes PCR, Cukup Tunjukkan Bukti Vaksin Dosis 2

Ia juga menyebutkan, penerapan protokol kesehatan saat iven berlangsung tetap menjadi pembahasan wajib.

"Tetap menerapkan prokes dan segala bentuknya dilaksanakan. Kita juga ingin sampaikan, jangan lagi covid menghantui para wisatawan yang ingin berwisata ke Kepri," sebutnya.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved