Breaking News:

Pemkab Karimun

Pemkab Karimun Melalui DPMD Fasilitasi dan BIna BUMDes Berbadan Hukum

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun melakui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) memfasilitasi pembinaan BUMDes yang telah berbadan hukum.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun memberikan pembinaan dan memfasilitasi BUMDesa yang telah terverifikasi dan berbadan hukum secara bertahap, di Gedung Kepala Desa Tulang, Rabu (28/9/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun memfasilitasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah terverifikasi dan berbadan hukum.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karimun, Jackie Stewart Touw mengatakan, pembinaan dan fasilitasi BUMDes tersebut dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap pertama, pihaknya melakukan pada 14 BUMdesa yang mendapatkan pembinaan dan diberikan fasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Karimun.

Di antaranya BUMDes Anak Negeri di Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, dan beberapa BUMDes di Kecamatan Moro pada 2023 mendatang.

Pembinaan dilakukan langsung oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Indra, bersama tim fasilitasi.

Baca juga: Pemkab Karimun Dorong Perangkat Desa Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan

"Kami akan melakukan pembinaan dan fasilitasi sebanyak 42 BUMDesa yang terverifikasi di setiap Desa di Kecamatan secara bertahap. Dalam pembinaan itu guna untuk pengembangan BUMDes guna pertumbuhan ekonomi Desa," ujar Jackie Stewart Touw, Rabu (28/9/2022).

Sedangkan dalam fasilitasi yang dilakukan tersebut, untuk melihat kelengkapan administrasi BUMDesa.

Termasuk menggali potensi-potensi Desa yang dapat dijadikan usaha.

Kemudian, pihaknya juga melihat rancangan program-program BUMDesa yang tentunya dapat menghasilkan pemasukan untuk Desa.

Dengan begitu, pihaknya menyebut perlu didukung dengan pengelolaan yang baik, pengemasan serta pemasaran dari potensi yang ada di setiap BUMDesa.

Baca juga: Bea Cukai Batam Tangkap Kapal Tanker di Karimun, Bawa 600 KL Solar dari Malaysia

"Jadi dari tim akan melihat potensi-potensi yang benar-benar dapat meningkatkan pemasukan bagi Desa," ujarnya.

Menurutnya fasilitasi yang diberikan bertujuan untuk kemajuan BUMDesa yang ada di Kabupaten Karimun sebagai penggerak utama ekonomi di Desa menuju ekonomi berkeadilan.

"Program-program untuk menuju ekonomi berkeadilan terus dilakukan dengan memfasilitasi dan pendampingan," ujarnya.(TRIBUNBATAM.id/Yeni Hartati)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved