Breaking News:

BATAM TERKINI

Agen Properti Batam PT Gracia Mandiri Jaya Menang Gugatan, Konsumen Diminta Bersabar

Agen Properti Batam PT Gracia Mandiri Jaya menang gugatan Rp 3,4 miliar terkait kerjasama pemasaran rumah subsidi dengan tergugat

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kuasa hukum PT Gracia Mandiri Jaya, Filemon Halawa mengatakan, PN Batam telah memutus gugatan perdata yang diajukan kliennya 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Agen properti di Batam, PT Gracia Mandiri Jaya akhirnya menang gugatan perdata melawan PT Perambah Batam Expresco dan tergugat lainnya.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Batam mengabulkan gugatan Rp 3,4 miliar yang diajukan PT Gracia Mandiri Jaya terkait kasus yang timbul akibat kerja sama pemasaran rumah subsidi di Batam itu.

Putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Batam terhadap perkara yang didaftarkan sejak tanggal 14 Maret 2022 ini dibacakan pada Selasa (13/9/2022).

Kuasa hukum PT Gracia Mandiri Jaya, Filemon Halawa atau akrab disapa Leo Halawa, pun membenarkan hal tersebut.

Meski begitu, Leo belum mengetahui respons tergugat terkait putusan hakim. Apakah bakal mengajukan banding atau tidak.

Untuk diketahui, perkara ini merupakan perkara perdata Nomor 70/Pdt.G/2022/PN Btm.

Dalam putusannya, majelis hakim menghukum Surya Sugiharto selaku Tergugat I dan PT Perambah Batam Expresco sebagai Tergugat II serta PT Petra Sumara Energy selalu Turut Tergugat.

Baca juga: Syarat dan Cara Pengajuan KPR BTN 2022 untuk Beli Rumah Subsidi, Uang Muka Ringan Mulai 1 Persen

"Menyatakan Tergugat I dan Tergugat II telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum kepada Penggugat; Menyatakan sah dan mengikat seluruh perjanjian atau pernyataan yang diterbitkan yakni Surat Perjanjian Kerjasama Nomor : 01/SPKS/VII/2017 tanggal 25 Juli 2017, Surat Pernyataan/Kesepakatan Bersama tanggal 31 Januari 2018, Surat Perjanjian Kerjasama Nomor: 01/SPKS-LTS/I/2018 tanggal 17 Januari 2018 dan Surat Perjanjian Kerjasama Nomor: 02/SPKS-GSP/I/2018 tanggal 17 Januari 2018," bunyi amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim David Sitorus.

Lalu, dalam amar putusan tersebut, hakim juga menjatuhkan hukuman kepada Tergugat I dan Tergugat II secara bersama-sama dengan biaya secara tanggung renteng untuk mengganti kerugian Penggugat yakni berupa kerugian materil sejumlah Rp 3.426.632.000,00 (tiga miliar empat ratus dua puluh enam juta enam ratus tiga puluh dua ribu rupiah) dan menghukum Tergugat I dan Tergugat II bertanggungjawab secara hukum atas kerugian yang dialami seluruh konsumen atas terbitnya seluruh perjanjian atau pernyataan serta menghukum Turut Tergugat untuk tunduk dan patuh pada putusan yang ada.

"Ya, memang putusan itu telah dibacakan Selasa pekan lalu. Untuk banding pihak lawan, belum tahu. Tapi soal upaya hukum dalam suatu perkara itu sah-sah saja. Tentu pihak pengadilan tingkat banding bisa mempertimbangkan dan memutuskan atas memori pihak pembanding yang akan membuat banding," kata Leo kepada Tribun Batam, Rabu (28/9/2022).

Direktur PT. Gracia Mandiri Jaya, Murni Megawati Sihaloho, memberikan penjelasannya sesaat setelah proses persidangan perkara beberapa waktu lalu
Direktur PT. Gracia Mandiri Jaya, Murni Megawati Sihaloho, memberikan penjelasannya sesaat setelah proses persidangan perkara beberapa waktu lalu (TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA)

Menurut Leo, materi gugatannya sudah tepat, sehingga majelis hakim memutuskan untuk memenangkan kliennya.

Menurutnya, yang menjadi pertimbangan adalah adanya perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Surya Sugiharto yang kala itu menjabat sebagai Direktur PT Perambah Batam Expresco, tidak terbantahkan lagi.

Saat itu, Surya Sugiharto sendiri melakukan kerjasama dengan kliennya, Murni Megawati Br Sihaloho, selaku Direktur PT. Gracia Mandiri Jaya pada 2018 silam. Kerja sama itu dalam hal pemasaran perumahan rumah subdisi.

Namun, rumah yang dijanjikan oleh Surya Sugiharto tak kunjung dibangun.

Baca juga: Tertipu Pengembang Nakal? Komisi I DPRD Batam Minta Warga Teliti Sebelum Beli Rumah

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved