Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

KPU Anambas Minta Parpol Lengkapi Syarat Jumlah Keanggotaan saat Rakor Vermin

KPU Anambas minta kepada partai politik agar dapat memperhatikan dan mencermati hasil verifikasi oleh KPU terkait pemilu 2024

tribunbatam.id/istimewa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar rapat koordinasi verifikasi administrasi perbaikan partai politik (Parpol) calon peserta pemilu tahun 2024, Kamis (29/9/2022) di Aula Siantanur 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar rapat koordinasi verifikasi administrasi perbaikan partai politik (Parpol) calon peserta pemilu tahun 2024.

Bertempat di Aula Siantanur, Kamis (29/9/2022), rakor tersebut dipimpin dan dibuka langsung oleh Plh Ketua KPU Anambas Jumadi Hakim.

Adapun peserta rakor yang hadir berjumlah 50 orang. Terdiri dari partai politik peserta calon pemilu, stakeholder dan KPU Anambas.

Plt Kasubag Teknis dan Humas, Togi Nalom Pangondian dalam laporannya mengatakan, rakor tersebut dilaksanakan berdasarkan ketetapan KPU dan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

"Jadi kegiatan ini sudah sesuai dengan dasar hukum Undang-undang Republik Indonesia No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan KPU No 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 dan Peraturan No 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu anggota DPR dan DPRD," ucapnya.

Sementara itu, Plh Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumadil Hakim memberikan apresiasi kepada seluruh unsur yang terlibat dalam proses pelaksanaan rakor tersebut.

Baca juga: KPU Anambas Buka Pendaftaran Parpol Ikuti Pemilu Serentak 2024, Ini Alurnya

"Terimakasih kepada seluruh pejabat KPU di lingkungan Kabupaten Kepulauan Anambas dan juga seluruh unsur undangan yang telah hadir dalam kegiatan ini," tuturnya.

Ia mengatakan, tujuan rakor tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan imbauan kepada partai politik agar dapat memperhatikan dan mencermati hasil verifikasi oleh KPU.

"Verifikasi administrasi perbaikan ini merupakan tahapan dimana parpol yang belum memenuhi persyaratan dari jumlah keanggotaan agar mencermati kembali kekurangan persyaratan tersebut dan melengkapinya," terangnya.

Jumadil menyebut, untuk syarat keanggotaan parpol di Kabupaten Kepulauan Anambas minimal berjumlah 48 anggota.

Setelah ini, KPU pusat akan melaksanakan pemeriksaan hasil vermin perbaikan mulai dari tanggal 29 September sampai dengan 12 Oktober 2022.

"Sementara untuk KPU Kab/Kota melaksanakan pemeriksaan terkait hasil vermin perbaikan mulai dari tanggal 1 sampai dengan 9 Oktober 2022. Setelah selesai masa vermin perbaikan, masuk ke tahapan berikutnya verifikasi faktual," pungkasnya.

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved