Breaking News:

PARIWISATA KEPRI AMAN

Jembatan I Barelang, Destinasi Wisata Batam Penghubung Antar Pulau Kepri

Jembatan I Barelang tak hanya menjadi destinasi wisata Batam, namun juga menghubungkan konektivitas antar pulau di Kepulauan Riau (Kepri)

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
Jembatan I Barelang. Destinasi wisata Batam ini sekaligus menjadi penghubung sejumlah pulau yang dekat dengan Kota Batam, Provinsi Kepri 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Jembatan Barelang merupakan salah satu destinasi wisata Batam sekaligus landmark yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang mengunjungi kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini.

Berjumlah enam, Jembatan Barelang ini tidak hanya menjadi satu di antara sekian banyak destinasi wisata Batam.

Namun Jembatan Barelang juga menghubungkan seluruh wilayah Pulau Batam, Rempang dan Galang selain menjadi destinasi wisata Batam.

Oleh karena itu, namanya lumrah disebut sebagai Jembatan Barelang, yakni singkatan dari ke tiga pulau besar yang termasuk ke dalam kawasan hinterland Kota Batam.

Jembatan I Barelang atau yang juga dinamakan Jembatan Teungku Fisabilillah ini, masih tampak berdiri kokoh kendati telah selesai dibangun secara bertahap sejak tahun 1996 sampai 1998.

Baca juga: Wisata Batam ke Pantai Elyora, Cocok Banget Buat Rekreasi

Pemberian nama jembatan berasal dari sosok tokoh Raja Haji Teungku Fisabilillah yang merupakan seorang Raja yang Dipertuan Muda-Lingga-Johor-Pahang keempat.

Jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Tonton ini merupakan warisan pembangunan masa kepemimpinan B.J. Habibie di Kota Batam.

Desain jembatan ini dibangun oleh kontraktor PT Hutama Karya dengan tipe cable stayed, dengan panjang total mencapai 642 meter dan bentang utama sepanjang 350 meter.

Mulanya, tujuan pembangunan jembatan ini sebagai infrastruktur penunjang guna mempercepat pengembangan wilayah hinterland Barelang.

Sesuai perencanaan, Pulau Tonton memang dikembangkan untuk kawasan pariwisata, dan kini dikelola menjadi aset Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Baca juga: Wisata Batam - Luxury Glamping Viovio Beach and Resort

Tidak hanya wisatawan, banyak warga Kota Batam yang juga sesekali datang ke lokasi ini untuk bersantai, berfoto, atau mencicipi kuliner yang dijajakan di Jembatan Barelang.

Biasanya, Jembatan Barelang paling ramai dikunjungi menjelang sore hari.

"Sering sih, beberapa kali datang ke sini, buat nongkrong aja bareng teman-teman, kadang bawa keluarga kalau lagi liburan. Paling ditunggu di sini itu makan jagung bakar sambil lihat sunset," ujar seorang pengunjung Jembatan I Barelang, Amir, yang merupakan warga Tanjung Piayu, Sei Beduk, Batam, Sabtu (15/10/2022).

Kondisi Jembatan I Barelang jauh lebih ramai dibanding lima jembatan lain setelahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved