Breaking News:

BATAM TERKINI

BMKG Sebut Gerhana Bulan Total di Batam Tak Bisa Dilihat Secara Langsung

BMKG Batam mengungkap alasan Gerhana Bulan Total tak bisa disaksikan secara langsung dari wilayah berjuluk kota industri ini.

TribunBatam.id/Roma Uly Sianturi
Prakirawan BMKG Kelas I Hang Nadim Batam saat memantau Gerhana Bulan Total dari Rooftop Tower A Kampus Politeknik Negeri Batam, Selasa (8/11/2022). BMKG mengungkap alasan gerhana bulan total tak bisa disaksikan langsung di Kota Batam, Provinsi Kepri. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Warga Batam harus bersabar jika ingin melihat Gerhana Bulan Total (GBT) secara langsung.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Kelas I Hang Nadim mengungkap alasan mengapa gerhana bulan total tak bisa disaksikan langsung di Batam.

Dalam pantauan BMKG Kelas I Hang Nadim Batam di Rooftop Tower A Kampus Politeknik Negeri Batam, Selasa (8/11/2022), gerhana bulan total tidak bisa terlihat ini dikarenakan kondisi awan yang cukup tebal dan Kota Batam di guyur hujan cukup lebat sejak siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Kondisi gerimis juga terjadi hingga sore hari sekitar pukul 17.00 WIB hingg malam hari. Sehingga mempengaruhi jarak pandang masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena tersebut.

Tak hanya BMKG, pantauan gerhana bulan total ini juga diikuti oleh beberapa kalangan mahasiswa dan media di Kota Batam.

Baca juga: Live Streaming Gerhana Bulan Total di Batam Hari Ini, Resmi dari BMKG

Sejak pukul 17.00 WIB mereka turut juga menyaksikan berbagai peralatan yang digunakan saat memantau gerhana bulan total ini.

BMKG mengamati gerhana bulan total dengan berbagai peralatan.

Di antaranya Teleskop: Founder Optics FOT86, Founder: CCD QHY 183 C dan pendukung, Garmin GPSMAP 64s, Laptop ASUS, Jaringan Internet OBS Studio 21.0

Analis dan Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam, Nizam mengatakan GBT ini tidak dapat terlihat karena kondisi awan tebal di ufuk timur dan hujan gerimis.

Wilayah Indonesia yang bisa melihat dengan jelas GBT di wilayah timur, di antaranya Jayapura, Kendari, Maluku, Ternate, Gorontalo, Ambon.

"Selesainya gerhana bulan total ini pukul 20.57 WIB," kata Nizam.

Baca juga: Link BMKG dan BRIN untuk Nonton Live Streaming Gerhana Bulan Total Hari Ini

Ia melanjutkan pada awalnya masih terlihat awal colonimbus, namun hanya sebentar saja.

"Kami memantau di Politeknik Tower A mulai pukul 17.45 WIB. Fenomena ini dapat dilihat di seluruh Batam, hanya memang kondisi ketebalan awan mempengaruhi jarak pandang terhadap Gerhana Bulan Total," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stamet Hang Nadim, Suratman.

Ia melanjutkan pada 2022 terjadi empat kali gerhana, yaitu dua kali gerhana Matahari dan dua kali gerhana Bulan. Gerhana Bulan Total (GBT) terjadi pada 8 November 2022 yang dapat diamati dari Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved