Breaking News:

BERITA CHINA

China Marah Menteri Inggris Kunjungi Taiwan, London Tak Ambil Pusing

China murka setelah tahu Menteri Inggris mengunjungi Taiwan. Oejabat di London tak ambil pusing dengan sikap Tiongkok itu.

Kompas.com
Bendera China - China berang setelah mengetahui Menteri Inggris mengunjungi Taiwan. Pejabat di London tak ambil pusing dengan sikap Tiongkok itu. 

CHINA, TRIBUNBATAM.id - China marah dengan Inggris terkait Taiwan.

Kemarahan China itu setelah Menteri Kebijakan Perdagangan Inggris Greg Hands mengunjungi ke Taiwan pada Senin (7/11/2022) waktu setempat.

China mendesak Inggris untuk menghentikan segala bentuk pertukaran kerja sama resmi dengan Taiwan dan berhenti mengirim sinyal yang salah kepada pasukan separatis Taiwan.

Pernyataan China itu diungkap oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian.

Pertemuan antara Menteri Kebijakan Perdagangan Inggris ke Taiwan itu merupakan pertemuan langsung sejak pandemi covid-19

Kementerian Perdagangan Internasional Inggris mengungkap, Greg Hands akan menghadiri pembicaraan tahunan mulai Selasa (8/11/2022) dan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen selama kunjungan dua harinya.

Baca juga: 5 Pasangan Shio Terkutuk, Wataknya Gak Cocok Bersama Menurut Astrologi China

Hands mencatat bahwa Inggris dan Taiwan sama-sama merupakan pusat teknologi global dan bahwa pulau 'berkembang' itu adalah 'mitra vital' karena Inggris mencari perdagangan baru di Pasifik setelah Brexit.

“Kunjungan itu akan membantu membuktikan masa depan ekonomi Inggris dengan mengamankan rantai pasokan Taiwan dalam semikonduktor dan komponen elektronik,” tulis Kementerian Perdagangan Internasional Inggris di surat kabar The Times.

Di London, juru bicara Perdana Menteri Rishi Sunak membantah adanya perubahan apapun terhadap pengakuan diplomatik Inggris atas China.

"Kami memiliki hubungan jangka panjang yang dinamis (dengan Taiwan) di bidang-bidang seperti perdagangan dan budaya dan ini akan menjadi bagian dari keterlibatan itu," katanya kepada wartawan.

Baca juga: Hari Keberuntungan Shio Bulan November 2022 Berdasarkan Kalender China

Taiwan belakangan cukup sering dikunjungi pejabat asing dan anggota parlemen.

Kunjungan yang paling menyita perhatian, yakni oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi karena membuat marah China.

China menggelar latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai pembalasan atas kunjungan Pelosi pada Agustus, mengirimkan ketegangan ke tingkat tertinggi dalam beberapa dekade.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi tak ambil pusing dengan aksi pamer armada tempur China saat kunjungannya ke Taiwan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved