Breaking News:

INFO CUACA

Cuaca Pulau Bintan hingga 29 November Berpeluang Hujan Ringan Disertai Petir dan Angin

BMKG Raja Haji Fisabilillah memperkirakan cuaca di Pulau Bintan hingga 29 November mendatang akan berpeluang hujan ringan hingga sedang disertai petir

DOK TRIBUNWOW
BMKG Raja Haji Fisabilillah memperkirakan cuaca di Pulau Bintan hingga 29 November mendatang akan berpeluang hujan ringan hingga sedang disertai petir. Foto Ilustrasi 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Prakiraan cuaca mulai Minggu 27 November hingga 29 November di Pulau Bintan sudah dirilis oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

BMKG menyebutkan, prakiraan cuaca ini untuk tiga hari sejak 27 November hingga 29 November 2022.

Prediksi cuaca Pulau Bintan ini juga berlaku untuk wilayah Tanjungpinang, Kijang, Lagoi, Tanjung Uban dan sekitarnya.

Secara umum kondisi cuaca di Pulau Bintan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan – sedang pada pagi, siang, dan dini hari.

Kondisi cuaca ini juga dapat disertai petir serta angin kencang yang bersifat lokal atau tidak merata dengan durasi singkat.

Prakiraan kelembapan udara relatif (relative humidity) di wilayah Pulau Bintan dan sekitarnya dasarian III November 2022 untuk lapisan permukaan hingga lapisan 700 mb umumnya berkisar antara 80 – 90 persen.

Kondisi labilitas atmosfer untuk 3 hari kedepan nilai Showalter Index yang berkisar -2 s.d. 4 dan Lifted Index yang berkisar -7 s.d -3 menunjukkan kondisi atmosfer dalam keadaan labil ringan – moderat dan memungkinkan terbentuk awan penghasil petir (Cb).

Baca juga: SEORANG Pemilik Usaha Fotokopi di Tanjungpinang Dianiaya Karyawan Swalayan

Kemudian, nilai K-Index sebesar 30 s.d. 38 menunjukkan kondisi atmosfer yang kuat untuk mendukung pertumbuhan awan Cumulonimbus penghasil hujan dengan intensitas ringan - lebat yang dapat disertai petir.

Adapun analisis skala regional dengan nilai SST yang masih hangat cukup berpengaruh terhadap peningkatkan pasokan uap air ke atmosfer yang dapat mendukung pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan. 

Kemudian, diprakirakan masih adanya potensi terjadinya pertemuan angin (konvergensi) dan belokan angin (shearline) di wilayah Pulau Bintan dan sekitarnya, serta pola siklonik di wilayah perairan utara Kalimantan yang dapat memberikan pengaruh, 

Serta dapat menyebabkan perlambatan massa udara sehingga dapat mendukung proses pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan. 

Jika dilihat dari analisis skala lokal kondisi kelembaban atmosfer pada lapisan bawah hingga menengah yang relatif masih basah menunjukkan pasokan uap air yang cukup untuk mendukung pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan. 

Pada prakiraan indeks labilitas menunjukkan kondisi atmosfer cenderung dalam keadaan labil moderat dan memungkinkan adanya pertumbuhan awan Cumulonimbus yang dapat menghasilkan hujan dengan intensitas ringan – sedang sesekali lebat yang dapat disertai petir. 

Berikut ini perkiraan cuaca di Pulau Bintan mulai 27 November hingga 29 November 2022 mendatang : 

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved