Breaking News:

BATAM TERKINI

Pegadaian Minta Warga Batam Waspadai Penjualan Emas Palsu, Begini Cara Ceknya

Pegadaian mengimbau agar warga Batam berhati-hati dan mewaspadai penjualan emas palsu dan mengungkap sejumlah cara untuk mengecek keaslian emas.

Tribunnews
EMAS BATANGAN - Pegadaian mengimbau agar warga Batam berhati-hati dan mewaspadai penjualan emas palsu dan mengungkap sejumlah cara untuk mengecek keaslian emas. Foto : Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Jelang isu resesi global tahun 2023 mendatang, Pegadaian Batam mengimbau masyarakat waspada akan aksi pemalsuan kadar emas (emas palsu).

Kepala Kantor Wilayah II Pegadaian Pekanbaru di Batam, Maryono, mengungkapkan, aksi pemalsuan kadar emas mungkin saja terjadi, mengingat pemulihan ekonomi masih berjalan dan isu resesi di depan mata.

"Jelang resesi, emas menjadi salah satu benda berharga yang memiliki harga yang terbilang stabil dan terus naik serta tahan dalam badai resesi. Hal ini menjadikan emas sangat cocok untuk menjadi barang investasi," ujar Maryono, Senin (28/11/2022).

Ia turut menjelaskan, ada berbagai cara untuk mengecek keaslian kadar emas, khususnya emas batangan.

Pertama, calon pembeli dapat menggosokkan emas ke permukaan keramik.

Baca juga: PEMBUNUHAN DI BATAM, Randy Ungkap Detik-detik Penganiyaan Balita Anak Pacarnya

Apabila terdapat goresan hitam, maka bisa dipastikan emas tersebut palsu.

Cara kedua adalah dengan meneteskan air raja atau larutan campuran asam nitrat dan asam klorida di bagian emas yang ingin diuji.

Apabila jika terkena tetesan air tersebut kemudian warnanya berubah, maka kemungkinan itu adalah logam jenis lain yang dilapisi.

Ketiga, calon pembeli dapat mengecek emas dengan menggunakan magnet. Jika magnet melekat pada emas, maka emas tersebut kemungkinan palsu.

"Cara ini bisa juga diuji dengan menggunakan magnet kompas dengan memutar kompas di sekitaran emas yang diuji. Apabila mata kompas tetap menunjuk ke arah emas, maka diperkirakan ada campuran logam pada emas itu," jelas Maryono.

Pihaknya juga meminta masyarakat mewaspadai emas yang memiliki kandungan berisi pasir tungsten. Emas palsu dengan tambahan material ini sulit dideteksi karena massanya yang mirip dengan emas murni.

"Perlu diwaspadai, namanya serbuk tungsten, massanya mirip sekali, tapi bukan emas. Dari luar kelihatan seperti emas, tapi di dalamnya justru hancur," tambah Maryono. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)
 

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved