Breaking News:

BATAM TERKINI

BKKBN Beri Penghargaan Sejumlah Daerah di Kepri, Lingga Raih Capaian Tertinggi

BKKBN Perwakilan Provinsi Kepri memberi penghargaan kepada sejumlah daerah. Lingga meraih capaian tertinggi dalam pemutakhiran pendataan keluarga 2022

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Kabupaten Lingga mendapat penghargaan sebagai capaian tertinggi dalam pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2022 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri. 

BATAM,  TRIBUNBATAM.id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberikan penghargaan kepada sejumlah daerah.

Kabupaten Lingga mendapat penghargaan sebagai capaian tertinggi dalam pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2022.

"Tanggal itu sudah ditetapkan dari 1 September hingga 30 November, tapi di bulan November mereka (Lingga) menyelesaikan lebih awal dan sudah mencapai hinggal 100 persen lebih," ujar Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Rohina di Batam, Senin (29/11/2022) malam.

Diakuinya, penghargaan yang didapatkan oleh Kabupaten Lingga tersebut merupakan hasil kerja sama yang baik dalam menyelesaikan proses pemutakhiran pendataan keluarga. 

"Apresiasi yang sangat tinggi kami berikan khususnya kepada Kabupaten Lingga yang tercepat dan tertinggi dalam program ini. Kemudian dengan tenaga lini lapangan yang di ampu 13 kecamatan hanya 1 orang saja," ujar Rohina. 

Ia menilai pendataan keluarga bukan merupakan hal yang mudah, terutama dengan geografi Provinsi Kepri yang terdiri dari kepulauan sehingga terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh kader pendataan salah satunya pada saat cuaca ekstrim. 

"Hal itu terbukti dari Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), OPD-KB dan kader tetap secara gigih menyeleaikan pendataan keluarga ini. Terbukti sebagai contoh Anambas dan Lingga bisa selesai 100 persen," katanya.

Baca juga: BP Batam Pangkas Perizinan Pelabuhan, Terbitkan Perka Baru, Mudahkan Pengusaha

Ia menambahkan, target sasaran yang dimiliki Kabupaten Lingga dalam pendataan keluarga sebanyak 13.082 kartu keluarga (KK).

Namun, Kabupaten Lingga dapat menyelesaikan sebanyak 13.299 KK dalam program pendataan tersebut. 

Dengan begitu BKKBN menargetkan pada tahun 2023 mendatang seluruh kabupaten/kota untuk bisa meningkatkan capaian pemutakhiran pendataan keluarga hingga 100 persen. 

"Target tahun depan kami harapkan memang seluruh kabupaten/kota bisa 100 persen atau minimal 90-95 persen. Tapi hal itu kembali pada masing-masing kemampuan dari daerah. Yang pasti kami akan pelajari lebih dalam dan merubah strategi supaya bisa 100 persen," ujar Rohina. 

Adapun beberapa penghargaan lainnya yang diberikan BKKBN kepada kabupaten/kota di Kepri di antaranya penghargaan kepada PD-KB Provinsi dan Walikota se- Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten dengan capaian di atas 100 persen target KK pada pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2022, serta penyerahan sertifikat kepada penyuluh KB dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) se- Kepulauan Riau.

BKKBN Catat Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022 di Kepri Capai 81 Persen

BKKBN Kepri mencatat pemutakhiran pendataan keluarga 2022 di wilayah setempat mencapai 81 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved