Breaking News:

BINTAN TERKINI

Truk Over Kapasitas Banyak LAGI di Jalanan Bintan, Polisi dan Dishub Bersikap

Dishub Bintan dan Satlantas Polres Bintan bersikap dengan keberadaan truk over kapasitas yang kembali bermunculan di Pulau Bintan, Provinsi Kepri.

TribunBatam.id/Istimewa
Polisi saat menertibkan truk yang over kapasitas saat melintasi jalan di Bintan belum lama ini. 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Keberadaan truk over kapasitas yang melintasi jalan di Bintan kembali banyak terlihat.

Keberadaan truk over kapasitas yang melintasi jalan di Bintan kembali terlihat di Jalan Lintas Barat dari Tanjunguban menuju Tanjungpinang.

Truk over kapasitas yang melintasi jalan di Bintan ini sebelumnya sempat terhenti setelah instansi terkait mengambil sikap.

Kini, keberadaan kembali mudah terlihat pada sejumlah jalan di Bintan.

Tidak hanya di Jalan Lintas Barat, keberadaan truk over kapasitas pada jalan di Bintan juga tampak di Pelabuhan RoRo Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

Baca juga: Truk Over Kapasitas Jangan Nekat Melintas, Dishub Gandeng Polisi Tertibkan Kendaraan ODOL

Mereka antre masuk Bintan maupun hendak menyeberang ke Kota Batam.

Selain mengancam keselamatan pengendara dan memperpendek umur kendaraan, kendaraan yang mengangkut muatan melebihi kapasitas juga melanggar aturan berlalu lintas di Indonesia.

Kadishub Bintan, Muhammad Insan Amin mengaku jika Dishub Bintan tidak bisa bergerak sendiri dalam menangani truk over kapasitas ini.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub Kepri dan Satlantas Polres Bintan terkait keberadaan truk over kapasitas di jalan Bintan ini.

"Kami juga sudah rapatkan terkait masalah ini, dalam waktu dekat kami akan menggelar operasi. Untuk Dishub Provinsi dan Satlantas Polres Bintan sudah sepakat untuk menggelar operasi. Kami akan koordinasikan sekali lagi sebelum mengambil tindakan," tuturnya, Jumat (2/12/2022).

Sementara Kasatlantas Polres Bintan, AKP Khapandi menyebut jika pihaknya terus menertibkan truk yang over kapasitas yang melintasi jalan di Bintan.

Baca juga: Truk ODOL Makin Marak di Jalanan Lintas Bintan, Ini Langkah Satlantas

Menurutnya, sudah banyak truk-truk yang muatan over kapasitas yang ditertibkan di wilayah Bintan.

Salah satunya di sepanjang Jalan Lintas Barat mulai dari Tanjunguban menuju Tanjungpinang.

"Kami sudah sering menertibkan dan memberikan teguran-teguran terhadap pengendara truk dan mobil bak terbuka yang muatannya over kapasitas ini," terangnya.

Khapandi menambahkan, anggota di lapangan tak segan meminta sopir yang mengangkut muatan melebihi kapasitas untuk menurunkan muatannya.

Setelah itu nanti sopirnya akan melangsir lagi barang sisa dari muatan yang ia turunkan itu.

"Kalau untuk tilang online kami belum ada. Makanya upaya kami memberikan teguran dan barang langsung diturunkan," tutupnya.(TribunBatam.id/Alfandi Simamora)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved