Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Hari Armada RI di Tanjungpinang, Dimeriahkan Kirab Kota dan Diikuti Pasukan Gabungan

Kirab kota dalam rangka rangkaian Hari Armada RI dengan rute Mako Koarmada I ke Taman Tugu Sirih Tanjungpinang, mendapat antusias dari masyarakat

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Dok. Koarmada l
Kirab Kota memperingati Hari Armada RI di Tanjungpinang diramaikan oleh Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, pasukan gabungan TNI AL, AD, AU, POLRI, aparat maritim, pelajar, dan kendaraan tempur (Ranpur) marinir serta kendaraan spek militer, Sabtu (3/12/2022) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Dalam rangka rangkaian Hari Armada RI, Koarmada l menyelenggarakan kegiatan kirab kota dengan titik start Gerbang Mako Koarmada I dan diberangkatkan oleh Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Sabtu (3/12/2022).

Kegiatan kirab kota diramaikan oleh Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, pasukan gabungan TNI AL, AD, AU, POLRI, aparat maritim, pelajar, dan kendaraan tempur (Ranpur) marinir serta kendaraan spek militer.

Kehadiran kirab kota dengan rute Mako Koarmada I ke Taman Tugu Sirih mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat Kota Tanjungpinang.

Hal ini dibuktikan dengan masyarakat yang memenuhi jalan untuk menyaksikan kirab tersebut.

Di Taman Tugu Sirih, kirab dilanjutkan acara sambutan oleh Gubernur Kepri dan Pangkoarmada I.

Dalam amanatnya, Pangkoarmada l, Arsyad Abdullah menyampaikan, bahwa acara ini merupakan rangkaian hari Armada RI. Nantinya upacara Hari Armada RI akan dipusatkan di Tanjungpinang.

Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Saksikan Atraksi Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL

Acara ini sekaligus juga untuk memperkenalkan diri Mako Koarmada l yang semula berkedudukan di Jakarta, saat ini direlokasi ke Tanjungpinang dan akan diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad mengucapkan ucapan selamat datang kepada Koarmada l dan mengharapkan dengan kehadiran Koarmada l keamanan maritim akan semakin terjaga dan pembangunan Kepri semakin maju.

Dimana Kepulauan Riau sendiri memiliki indeks pembangunan yang cukup tinggi yaitu 76,46.

Yang meliputi indeks kesehatan, pendidikan, daya beli masyarakat, merupakan peringkat pertama di Sumatera dan peringkat enam nasional.

Penampilan Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL di rangkaian Hari Armada RI di Tanjungpinang, Sabtu (3/12/2022)
Penampilan Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL di rangkaian Hari Armada RI di Tanjungpinang, Sabtu (3/12/2022) (Dok.Koarmada I)


Gubernur Ansar mengatakan, kehadiran Koarmada I yang akan menempati markas baru di Tanjungpinang menjadi bukti bahwa Provinsi Kepri merupakan daerah strategis yang membutuhkan perhatian besar dari pemerintah.

Provinsi Kepri yang merupakan provinsi kepulauan terbesar di Indonesia, dengan 96 persen wilayahnya terdiri dari lautan. Terletak di perbatasan NKRI, tak ayal membuat Provinsi Kepri membutuhkan penjagaan maksimal dari TNI.

"Dengan berpindahnya Koarmada I ke Tanjungpinang maka memperpendek rentang kendali untuk menjaga wilayah perbatasan, koordinasi dan sinergi yang baik sangat dibutuhkan untuk menjamin kedaulatan NKRI," ujar Gubernur Ansar.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved