Breaking News:

UPAH PEKERJA

UMK Batam 2023 Ditetapkan Rp 4,5 Juta, Pengusaha Ajukan Gugatan ke MA

Pengusaha Batam telah melayangkan surat gugatan ke MA terkait penetapan UMK Batam 2023 yang menggunakan Permenaker No 18 tahun 2022.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid mengatakan, pengusaha Batam telah melayangkan surat gugatan ke MA terkait penetapan UMK Batam 2023 yang menggunakan Permenaker No 18 tahun 2022. 

BATAM,  TRIBUNBATAM.id - UMK Kota Batam 2023 sudah ditetapkan naik sebesar Rp 314.081. Sehingga per Januari 2023 UMK menjadi Rp 4.500.440 dengan kenaikan 7,50 persen dari tahun sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut kalangan pengusaha di Batam mengaku memang sudah memprediksi UMK Batam yang ditetapkan oleh Gubernur sesuai dengan usulan Walikota Batam yakni berpedoman pada Permenaker No 18 tahun 2022 tentang Upah Minimum Tahun 2023. 

"Ya sudah kita duga untuk Apindo tetap berpandangan kalau SK penetapan tersebut dan Permenaker itu sendiri bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam, Rafki Rasyid, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: UMK Batam 2023 Naik Rp 314 Ribu, Tak Sesuai Harapan Pengusaha dan Pekerja

Ia melanjutkan, karena formulasinya bertentangan dengan formulasi dalam PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

Untuk Permenakerny sudah dilakukan gugatan yudisial review ke Mahkamah Agung RI dan sudah berproses. 

"Kita harapkan bulan Desember tahun ini bisa keluar putusan dari MA. Kita berharap dengan terbitnya putusan MA tersebut, Gubernur bisa segera merevisi angka UMK Batam yang telah ditetapkan jika MA menyatakan Permenaker No 18 tahun 2022 tersebut tidak berlaku," katanya.

Rafki menuturkan jika Gubernur tidak merevisi angka UMK maka pihaknya akan melakukan gugatan ke PTUN untuk merevisinya.

"Jika MA menyatakan kita kalah, maka instruksi dari DPN APINDO kita akan patuh dengan putusan MA tersebut Apakah nanti tetap akan digugat ke PTUN Tanjungpinang jika kita kalah di MA atau tidak, nanti kami rapatkan dulu di internal APINDO Batam," katanya. ( TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved