Korupsi Proyek KTP Elektronik

TERUNGKAP. Setelah Bagikan Rp 1,2 Miliar Miryam Terima 5.000 Dolar AS

JPU merinci pemberian atau penerimaan uang sejumlah 1,2 juta dolar AS itu dilakukan secara bertahap.

TERUNGKAP. Setelah Bagikan Rp 1,2 Miliar Miryam Terima 5.000 Dolar AS
TRIBUNNEWS.COM
Politisi Hanura Miryam S Haryani menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/6/2017). Berkas pemeriksaan Miryam S Haryani dinyatakan lengkap atau P21 dan siap disidangkan terkait kasus pemberian keterangan palsu pada sidang korupsi penerapan KTP elektronik. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK melalui pembacaan surat tuntuan terhadap terdakwa korupsi anggaran KTP-elektronik, Irman dan Sugiharto, Kamis (22/6/2017) mengungkapkan pemberian uang kepada mantan anggota Komisi II DPR RI, Miryam S Haryani, sebesar 1,2 juta dolar AS.

Dalam sidang pembacaan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat itu JPU juga menyebutkan Miryam S Haryani yang juga anggota Fraksi Hanura DPR itu membagi-bagikan uang yang diterimanya itu kepada seluruh anggota Komisi II DPR RI.

JPU kemudian merinci pemberian atau penerimaan uang sejumlah 1,2 juta dolar AS itu dilakukan secara bertahap. Adapun perincian adalah sebagai berikut.

Pertama, pemberian uang sejumlah 100 ribu dolar AS pada Mei 2011 yang dilakukan staf Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) bernama Josep Sumartono di sebuah lokasi di Mampang, Jakarta Selatan.

Kedua, penyerahan uang sejumlah 100 ribu dolar AS yang dilakukan oleh Sugiharto pada Agustus-September 2011 di rumah Miryam, Kompleks Tanjung Barat Indah Jalan Teratai Raya Blok G No 11/12 Jakarta Selatan.

Ketiga, penyerahan uang sejumlah 500 ribu dolar AS oleh Sugiharto di rumah Miryam di Tanjung Barat.

Baca: Jaksa KPK Ungkap Ungkap Dugaan Aliran Dana e-KTP dari Miryam S Haryani

Baca: Jelang Lebaran, KPK Peringatkan Dua Hal Ini pada Seluruh Pejabat

Baca: TERUNGKAP. Inilah Daftar Pihak yang Diduga Terima Cipratan Dana KTP Elektronik

Keempat, penyerahan uang sejumlah Rp5 miliar oleh Sugiharto pada Agustus 2012 di rumah Miryam di Tanjung Barat.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help