TribunBatam/

PUBLIC SERVICE

Curigai Praktik Pungli? Begini Cara Lapor ke Tim Saber Pungli

Jika ada warga yang mencurigai adanya pungli dan korupsi, ke nomor mana warga harus melapor kemana?

Curigai Praktik Pungli? Begini Cara Lapor ke Tim Saber Pungli
Istimewa
Ilustrasi Pungli 

HALO, selamat pagi Tribun Batam. Kepada yang terhormat Polda Kepri. Mau nanya Pak, jika ada warga yang mencurigai adanya pungli dan korupsi, ke nomor mana warga harus melapor dan tolong minta nomor handphone saber pungli Polda Kepri. Bila berkenan, disebarkan ke kantor-kantor pemerintah dan ditempel. Agar kota Batam tebebas dari pungli. Terima kasih

Pengirim:

 Warga

Jawaban :

TERIMA kasih atas pertanyaan Anda. Pungli adalah tindakan hukum yang dapat dipidanakan. Karena perbuatannya merugikan perorangan juga  kelompok. Atensi memerangi pungli bermula dari pemerintah pusat. Itu dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Seperti yang kita ketahui bersama, perbuatan pungli sudah pernah kita lakukan penindakan bahkan mempejarakan melalui proses pidana bagi mereka yang melakukannya. Kendati, cara melakukan atau memerangi pungli adalah mulai dari diri kita sendiri, dan lingkungan sekitar kita.

Unit Pemberantasan Pungli (UPP) sia-sia ketika tidak ada dukungan dari masyarakat. Masyarakat juga sangat dibutuhkan peran sertanya dalam hal ini. Sehingga berhasil menekan angkanya.

Jika Anda mengetahui atau mencurigai praktik pungli di sekitar Anda, silakan hubungi UPP Kota Batam dengan nomor 70000 atau nomor hape Pos UPP Provinsi Kepri di 0821 73609888. Demikian kami sampaikan, dan terima kasih atas perhatiannya.

Kombes Pol Drs. Heru Pranoto, M, Si

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kepri/Irwasda Polda Kepri

Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help