Sebaiknya Anda Tahu

Anda Ingin Berkurban di Idul Adha? Ini Syarat Usia Ternaknya, Begini Panduan MUI Batam!

Anda Ingin Berkurban di Idul Adha? Ini Syarat Usia Ternaknya, Begini Panduan MUI Batam!

Anda Ingin Berkurban di Idul Adha? Ini Syarat Usia Ternaknya, Begini Panduan MUI Batam!
tribunbatam/munirul ikhwan
Ilustrasi. Hewan sapi yang banyak dijual jelang Idul Adha 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Pelaksanaan ibadah kurban 1438 Hijriah semakin dekat. Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, Muhammad Santoso mengingatkan beberapa hal penting yang perlu dilakukan, baik kepada panitia kurban maupun masyarakat yang berkurban.

Baca: Jelang Idul Kurban, Inilah Cara Mengenali Daging Sapi Penyuka Makan Sampah!

Baca: Terobos Singapura Lewat Pipa Perbatasan, Pria Asal Indonesia Ini Gegerkan Singapura. Dari Batam?

Baca: Inilah Aksi Heroik Ilham, Anak Pesantren Penangkap Rampok Bengkong. Dia Tangkap Sendirian!

Baca: Heboh! Pria Indonesia Ini Nyamar Jadi Suporter Malaysia, Dia Temukan Hal Mengejutkan Ini

Satu diantaranya terkait metode penyembelihan hewan kurban, baik sapi, domba maupun kambing. Dikatakan, syarat penyembelihan hewan kurban itu, mestilah dalam satu kali ayunan.

"Dalam satu kali ayunan, agar dipastikan terputus saluran pernafasannya, saluran pencernaannya, dan dua pembuluh arteri di leher," kata Santoso, Selasa (29/8/2017) di Batam Center.

Tak dipungkiri Santoso, syarat ini sering kali diabaikan. Lantaran kerap muncul juru sembelih dadakan.

Makanya, dari MUI sebelumnya memang punya rencana dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, untuk melakukan sertifikasi penyembelihan hewan kurban bagi juru sembelih.

"Tapi karena keterbatasan waktu dan untuk kegiatan itu juga butuh anggaran, kalau tak bisa tahun ini, kami harapkan bisa dilakukan tahun depan," ujar dia.

Selain memperhatikan syarat dalam satu kali ayunan, juga diimbau juru sembelih untuk menajamkan pisaunya. Termasuk memperhatikan faktor higienis.

"Jadi sebelum menyembelih, diperhatikan tarikan nafasnya. Saat dia (hewan kurban) menghembuskan nafas, baru disembelih," kata Santoso.

Tujuannya, agar darah hewan kurban tak terserap ke pembuluh darah dan daging. Santoso juga mengingatkan, hewan yang dikurbankan mestilah hewan yang sehat dan lengkap.

"Hewan kurban tak boleh cacat, seperti kakinya pincang. Dia mesti sehat. Usianya juga harus lengkap. Unta genap lima tahun, sapi dua tahun, kambing satu tahun, dan domba enam bulan," ujar dia.(*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help