BATAM TERKINI

Tak Perlu Antre Sejak Subuh, Kini Urus Paspor di Batam Lebih Canggih. Begini Caranya!

Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, mengatakan, LAW merupakan layanan antrean berbasis aplikasi pertama di Indonesia.

Tak Perlu Antre Sejak Subuh, Kini Urus Paspor di Batam Lebih Canggih. Begini Caranya!
TRIBUNBATAM/EFENDI WARDOYO
Antrean warga yang ingin mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam hingga jalan masuk Kantor Bright PLN, Jumat (16/6/2017). Masyarakat harus rela antre dari subuh untuk mendapatkan nomor antrean. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam meningkatkan layanan antrean lewat aplikasi WhatsApp (LAW). Layanan berbasis aplikasi tersebut untuk merespon keluhan masyarakat terkait masalah antrean pengurusan paspor yang sering dimanfaatkan calo.

Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, mengatakan, LAW merupakan layanan antrean berbasis aplikasi pertama di Indonesia, sejak diluncurkan 19 Juni 2017 lalu.

"Daftar antre sekarang tak ada lagi sistem konvensional, tapi sudah melalui aplikasi," kata Lucky, Selasa (5/9/2017) saat jumpa pers di kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.

Mulai Senin, 11 September 2017 mendatang, Kantor Imigrasi Klas I khusus Batam akan melayani pendaftaran hingga tiga hari ke depannya. Dengan begitu kesempatan untuk mendaftarkan nomor antrean akan lebih besar.

(Baca: Masih Misterius, Polisi Lacak Asal Pistol Penembak Indria Kameswari)

(Baca: Keluarga Tinggal di Tanjungpinang, Suami Korban Lakalantas Bengkong Garama Masih di Malaysia)

(Baca: Kasatlantas Kecewa, Polisi Mengangkat Mayat, Masyarakat Cuma Menonton dan Memotret)

"Kalau kemarin-kemarin kan hanya melayani 250 per hari, kemudian mereka harus daftar lagi esok harinya. Nah ke depan mulai tanggal 11, kalau masyarakat daftar misalnya dia daftar di nomor 251 atau di atas nomor itu, ke esokan harinya tidak perlu daftar lagi. Kita akan akumulasikan menjadi 750 orang per tiga hari, kemudian tiga hari selanjutnya baru daftar untuk nomor antrean baru, dan seterusnya akan seperti itu," ujarnya

Layanan antrian lewat WhatsApp menurut dia, telah memecahkan persoalan antrean yang sering dikeluhkan masyarakat. Apalagi dengan sistem tersebut masyarakat tak perlu lagi datang dini hari, hingga memanfaatkan jasa calo antre.

"Dengan aplikasi ini pun masyarakat tak perlu beli nomor antrean," kata Lucky. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Rabu 6 September 2017

Penulis: Efendi Wardoyo
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved