Mustika Rasa

Surabi Bandung Kekinian, Gurih Meski Tanpa Kuah

Bahan dasar surabi menggunakan adonan tepung, kelapa dan santan. Terasa begitu gurih walaupun belum diberikan topping atau kuah lainnya.

Surabi Bandung Kekinian, Gurih Meski Tanpa Kuah
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

TERNYATA nggak hanya lifestyle saja yang terus berkembang. Namun, makanan juga mengikuti zaman agar tidak dibilang ketinggalan zaman dan bisa diterima oleh banyak orang termasuk kalangan milenial.

Bahkan kini, makanan tradisional juga dimodifikasi agar dibilang makanan kekinian dan banyak penggemarnya.
Surabi Bandung, misalnya. Sebenarnya, di berbagai daerah juga mengenal surabi. Seperti Solo hingga Sumatera Barat.

Hanya saja, saat ini surabi Bandung tampil lebih kekinian dan berbeda dengan serabi tradisional yang menggunakan kuah santan dan gula merah.

"Surabi khas Bandung itu sudah mengikuti zaman. Surabi Bandung sudah ada yang tidak menggunakan kuah tetapi kering. Dari pakai keju, cokelat atau durian," ujar Budi selaku chef di Diamond Surabi, Anggrek Sari, Batam Centre, Selasa (2/1/2018).

Bahan dasar surabi menggunakan adonan tepung, kelapa dan santan. Terasa begitu gurih walaupun belum diberikan topping atau kuah lainnya. Surabi juga pada biasanya menggunakan cetakan yang berasal dari tanah liat.

Baca: Tak Hanya Berisi Kentang, Ini Dia Resep Epok-epok Kekinian di Batam

Baca: Resep Membuat Nachos Gurih Bercitarasa Rempah Indonesia

Baca: Ikan Asap Khas Anambas, Nikmat Dicampur Sambal Dabu-dabu

"Kalau pakai cetakan surabi dari tanah liat tingkat kematangan pas, lebih wangi juga. Kalau di rumah tidak ada bisa gunakan cetakan dari besi yang banyak dijual di pasaran. Dalam satu tempat itu ada empat atau dua cetakan. Ukuran tidak terlalu besar," kata Budi.

Surabi yang gurih sangat nikmat disantap saat hangat. Selain itu dengan menambahkan cokelat serta keju, surabi memiliki rasa yang berbeda. Tidak hanya manis melainkan juga ada rasa asin dari keju. Terutama dalam surabi terdapat parutan kelapa yang membuat wangi, gurih pada tekstur surabi yang cenderung lembut.

"Kalau mau surabi enak itu pakai air daun pandan. Adonan tidak boleh encer, ukuran api tidak besar dan dalam adonan ada kelapanya," ungkap Budi. (*)

Resep Surabi Cokelat Keju

Bahan:
500 gram tepung beras
300 gram kelapa parut yang sudah dikupas kulit luarnya
800 ml santan atau air
Garam secukupnya
Keju sesuai selera
Meses ceres sesuai selera
Susu kental manis

Cara Membuatnya:
1. Campurkan tepung beras, kelapa, garam, dan tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Diamkan adonan hingga 45 menit
2. Panaskan cetakan dengan ukuran api kecil. Jika cetakan sudah panas, masukan adonan sampai setengah. Tabur meses ceres sampai setengah matang
3. Setelah setengah matang, masukkan adonan lagi. Tabur dengan meses ceres, dan tutup cetakan kembali.
4. Setelah matang, parutkan keju di atasnya, dan tuangkan susu cokelat kental manis di atasnya. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help