Home »

News

» Jakarta

Lantai Balkon BEI Ambruk

Berkaca dari Ambruknya Selasar BEI, Ternyata 222 Gedung di Jakarta 'Tergolong Tidak Aman'

Data dari Dinas Penanggulangan Kebakara menunjukkan dari 780, hanya 558 gedung yang memenuhi persyaratan keamanan pada akhir 2017.

Berkaca dari Ambruknya Selasar BEI, Ternyata 222 Gedung di Jakarta 'Tergolong Tidak Aman'
tribunnews
Starbucks menjadi bagian yang tertimba lantai balkon BEI yang ambruk pada Senin (15/1/2018) siang. 

TRIBUNBATAM.ID- Ambruknya selasar atau balok lantai mezamine gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (15/1/2018), mengundang pertanyaan soal pengawasan terhadap gedung bertingkat di Jakarta.

Apalagi, dikutip dari BBC Indonesia, Rabu (17/1/2018), ternyata hampir 30 persen gedung bertingkat di Jakarta tergolong tidak aman.

Data dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menunjukkan dari 780 hanya 558 gedung yang memenuhi persyaratan keamanan pada akhir 2017.

Sisanya, sebanyak 222 gedung atau 28 persen belum memenuhi.

"Itu kaitannya dengan pencegahan (kebakaran)," kata Subejo, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, kepada BBC Indonesia, Selasa (16/1/2018).

Lembaganya, tambah Subejo, memberi kesempatan kepada para pengelola gedung untuk melakukan perbaikan guna memperoleh Sertifikat Keselamatan Kebakaran atau SKK, yang menjadi syarat untuk mendapat Sertifikat Laik Fungsi (SLF) bangunan.

Starbucks menjadi bagian yang tertimba lantai balkon BEI yang ambruk pada Senin (15/1/2018) siang.
Starbucks menjadi bagian yang tertimba lantai balkon BEI yang ambruk pada Senin (15/1/2018) siang. (tribunnews)

"Kami cuma rekomendasi. Izinnya dari Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Biasanya kalau kami bilang tidak memenuhi syarat, SLF-nya tidak keluar," kata Subejo.

Terhadap 222 pengelola bangunan yang masih belum layak, Subejo berharap kerja sama mereka untuk memenuhi kewajiban itu, "Kalau tidak ada itikad baik baru kami tindak lanjut. Kami pasang stiker (penyegelan)."

Tingginya angka bangunan tinggi yang tidak memenuhi syarat keselamatan dan keamanan dinilai merupakan cermin kondisi gedung-gedung di ibu kota Jakarta, terutama setelah ambruknya selasar gedung BEI, Senin (15/01).

Kelanjutan Gedung BEI

Halaman
1234
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help