Mellennial

Nggak Harus Beli, Wood Crafting Bisa Bikin Sendiri. Cek Tutorialnya di Sini

Berkreasi dengan kayu atau yang kerap disebut wood working tersebut sebenarnya nggak terlalu sulit lho guys.

Nggak Harus Beli, Wood Crafting Bisa Bikin Sendiri. Cek Tutorialnya di Sini
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

SEKARANG ini, pernak-pernik bernuansa kayu bergaya shabby kayaknya memang lagi happening banget. Dengan sedikit kreasi, kayu bekas pun bisa disulap jadi kerajinan yang bernilai tinggi. Nggak cuma cocok untuk jadi pemanis hunian, hasil kerajinan itu jika ditekuni bisa jadi pundi-pundi keuangan baru lho!

Nggak cuma bisa menyalurkan hobi tapi bisa menghasilkan. Seru banget kan?

Berkreasi dengan kayu atau yang kerap disebut wood working tersebut sebenarnya nggak terlalu sulit lho guys. Buktinya, banyak juga yang bisa menghasilkan aneka kerajinan ciamik dan menarik.

Rina Mustifany, misalnya. Mahasiswa semester tujuh jurusan teknik sipil di Universitas International Batam mengaku sangat suka dengan segala hal yang berhubungan dengan crafting yang bisa membuatnya lebih kreatif.

Sementara itu Chika Mariska, karyawan Indo Kayu Mandiri mengaku suka dengan crafting kayu baru setahun belakangan ini. Dari wood working, ia mengaku sudah bisa membuat mainan dari kayu, wooden puzzle, hingga hingga furniture.

Lenzo Purba, seorang presenter di Batam mengatakan dengan wood working bisa menghasilkan sebuah prakarya, vase bunga.

Baca: Jika Insomnia Dibiarkan Ternyata Bahaya Lho! Simak 5 Cara Mencegahnya

Baca: Tas Beraksen Patches Lagi Happening Lho! Cobain Yuk!

Baca: Bingung Bedakan Jam Ori dan Palsu? Baca Dulu 4 Tips Penting Berikut Ini

"Bahkan dari kulit kayu bisa dikombinasi dengan rotan. Terkesan alami dan saya suka banget," katanya.
Berbagai hal sederhana bisa dibuat dari kayu, kalian tidak memerlukan kayu baru untuk membuatnya. Karena interior yang sederhana bisa dibuat dengan menggunakan kayu bekas saja.

"Ini dari kayu bekas aja, jadi tidak perlu kayu baru dan memanfaatkan kayu yang ada. Dan ini sudah bisa buat wooden mirror, key holder, sama wooden frame," kata Hasan, pemilik Indo Kayu Mandiri yang membuka workshop di bekraf Habibi Festival di Radisson hotel pada Jumat (2/3/2018).

Sementara itu, alat -alat yang digunakan untuk membuat wood working juga tidak lah sulit. Kamu cukup mempersiapkan cuting 45, amplas, penggaris, meteran, papan, dan kayu sisa.

"Tapi kalau di workshop ada alat mitter saw router, mesin bor. Jadi sekarang sudah banyak yang belajar wood working. Hingga ke sekolahan, karena wood working bisa melatih kreatifitas seseorang," ujarnya.
Aneka kayu yang bisa dibuat menjadi beberapa pelengkap interior berbahan kayu. Mulai kayu balaw, kayu meranti, nyatoh, dan kamper. Kalau teknik untuk di setiap frame namanya teknik siku

"Ini cocok untuk yang hobi dengan kayu dan suka membuat barang-barang buatan sendiri, apalagi dengan bahan bekas," kata pemilik PT Indo Kayo Mandiri di PT Kara Industrial Park Blok A no. 80. (*)

Tutorial Membuat Bingkai Foto dari Kayu Sisa
1. Siapkan triplek ukuran 23x28 cm juga potongan kayu yang tidak terpakai
2. Siapkan amplas, dan lem kayu
3. Amplas papan hingga halus, tempelkan sisa kayu di bagian-bagian pinggirnya. Secara acak saja
4. Setiap potongan usahakan dilem
5. Biarkan lem mengering. Cat bingkai dengan cat minyak. Jemur hingga kering.
6. Berikan tali pada belakang bingkai sebagai gantungan. Selesai. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help