Berita Batam

Buruh di Batam Akan Gelar Aksi Saat Peringatan May Day 1 Mei! Ini Tuntutan Buruh Batam

Peringati hari buruh sedunia (May Day), Selasa (1/5/2018), buruh yang tergabung dalam FSPMI Batam akan menggelar aksi di Batam Centre

Buruh di Batam Akan Gelar Aksi Saat Peringatan May Day 1 Mei! Ini Tuntutan Buruh Batam
KOMPAS.COM/ KRISTIANTO PURNOMO
Perayaan May Day di Jakarta 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Peringati hari buruh sedunia (May Day), Selasa (1/5/2018), para buruh yang tergabung dalam FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) Batam akan  menggelar aksi demo. Aksi itu akan menyampaikan empat tuntutan.

Panglima Garda Metal Kota Batam Suprapto, yang juga Sekretaris FSPMI Batam mengatakan dalam aksi memperingati May Day, sebelum menuju kantor Wali Kota Batam dan Gedung Graha Kepri, buruh akan berkumpul di empat titik.

"Titik kumpul May Day, masing-masing di Batuampar, Mukakuning, Batam Centre, Tanjunguncang dan Kabil. Tujuan aksi nanti ke Kantor Wali Kota Batam dan perwakilan Kantor Gubernur Kepri di Batam (Graha Kepri)," katanya.

Baca: Semen Padang Raih Kemenangan Pertama di Liga 2. Begini Reaksi Pelatih Syafrianto Rusli

Baca: INGAT! Senin Besok Batas  Akhir Laporan SPT untuk Perusahaan. Tidak Ada Perpanjang Waktu Ya

Baca: 10 Menit Sebelum Mendarat di Batam, Pilot Lion Air Suruh Semua Penumpang Gunakan Masker Oksigen

"Kita akan turun aksi untuk menyampaikan empat tuntutan kepada pemerintah," ujarnya.

Keempat tuntutan itu pertama memolak atau mendesak pemerintah pusat mencabut Peraturan Pemerintah (PP) No.78 tahun 2015 tentang pengupahan, karena sangat merugikan para buruh.

Kemudian kedua, turunkan harga sembako, listrik dan BBM (bahan bakar minyak).

Selanjutnya, ketiga tolak tenaga kerja asing (TKA) unsklill (yang tidak punya skill). Dan terakhir segera SK-kan UMSK (umpah minumum sektoral khusus) Batam 2018.

"Kami berharap pada May Fay tahun ini pemerintah memberikan perhatian yang lebih kepada tenaga kerja Indonesia. Sehingga investasi berdampak positif terhadap tenaga kerja Indonesia. Kami juga berharap adanya peningkatan kompetensi pekerja dalam menghadapi AFTA 2020 nanti," katanya.(bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved