Lebaran Bersama Petugas Puskesmas di Bintan! Lebaran Bekerja Piket, Siap-siap Sibuk Urusan UGD!

Saat pegawai Pemkab Bintan lainnya cuti, petugas Puskesmas justru bekerja piket bergantian selama Lebaran, siap-siap urusan UGD!

Lebaran Bersama Petugas Puskesmas di Bintan! Lebaran Bekerja Piket, Siap-siap Sibuk Urusan UGD!
tribunbatam/aminnudin
Suasana pelayanan Puskesmas di Bintan 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Hampir semua pegawai di lingkup Pemkab Bintan telah cuti bersama sejak Jumat (8/6/2018). Pengecualian bagi petugas kesehatan di puskesmas dan rumah sakit.

Untuk mereka ini, mereka tetap bekerja seperti biasa. Bahkan di hari lebaran sekalipun.

Di tengah situasi para rekan rekannya di instansi lain pemerintah sudah libur, bagaimana para petugas medis di puskesmas menyikapinya. Apakah semangat atau justru kendor?

Baca: Inilah Kisah Jenderal Berambut Gondrong Yang Ditakuti Gembong Narkoba Kelas Kakap!

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Hal Akan Terjadi di Tubuh Anda Jika Rutin Minum Air Garam Hangat Setiap Hari!

Baca: Jangan Takut! Inilah Yang Terjadi di Tubuh Saat Anda Dibius Total!

Baca: Bertarif Semalam Rp 487 Juta, Hotel Tempat Kim Jong Un Nginap Kendali Elektroniknya Sekali Sentuh!

"Tetap semangat, demi tugas melayani warga yang butuh bantuan dan perawatan kesehatan, tak ada kata lemas. Tetap semangat,"kata Ida, seorang petugas puskesmas di Bintan, Senin (12/6/2018).

Menurutnya, bekerja dalam situasi lebaran dimana semua orang pada libur adalah hal biasa. Hal itu sudah lama dipahami petugas kesehatan di manapun di Indonesia. "Mungkin karena udah biasa barangkali. Teman-teman juga begitu,"sambungnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan Gama AF Isnaeni mengatakan, soal tetap kerja bagi petugas kesehatan di lingkup puskesmas, pihaknya sejak pekan lalu telah melayangkan surat kepada Kepala UPTD Pukesmas di Bintan.

Selain soal semangat kerja, Gamma Isnaeni juga meminta agar setiap puskesmas menyiapkan tim P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) handal yang bekerja

cepat mengantisipasi kejadian kecelakaan tiba-tiba baik ditempat wisata air maupun di area ramai lainnya. Kecelakaan di lokasi wisata air dimaksud di sini adalah insiden tiba tiba di pantai saat liburan.

"Saya sudah minta setiap Kepala UPTD Puskesmas untuk mempersiapkan tim P3K untuk antisipasi kecelakaan disetiap tempat wisata dan tempat lainnya. Surat edarannya sudah kita layangkan,"Kata Gamma.

Baca: Viral di Medsos Nyetir Bus Kota! Inilah Perjuangan Perempuan Lia Hidupi Satu Anak dan Pamannya!

Baca: Menyegarkan! Inilah Es Susu Kurma, Tantangan Baru Buka Puasa! Begini Bikinnya!

Baca: Terungkap! Inilah Alasan Aneh Ratu Elizabeth II Merayakan Ulang Tahun 2 Kali Setahun!

Adapun permintaan kepala dinas dalam surat tersebut berbunyi sebagai berikut :

1. Sehubungan dengan Cuti Bersama yang akan dimulai pada 11 Juni 2018, diinstruksikan kepada seluruh kepala UPTD Pukesmas untuk tetap memberikan pelayanan melalui UGD atau Poli khusus selama dalam masa libur bersama, dengan mengatur jadwal piket seluruh staf puskesmas.

2. Mempersiapkan Tim kesehatan yang ditugaskan pada pos-pos pelayanan dan pengamanan operasi ketupat seligi 2018. Untuk puskesmas yang berada pada jalur rawan kecelakaan seperti pada jalur lintas barat dan timur, agar mempersiapkan untuk kemungkinan menerima kasus-kasus kecelakaan dan berkoordinasi dengan pos pengamanan setempat.

3. Untuk pukesmas yang berada pada jalur wisata seperti sepanjang pantai Trikora dan pantai sakera agar mempersiapkan untuk kemungkinan pelayanan kasus-kasus kecelakaan wisata air.

Bupati Bintan meresmikan pengoperasian dua kapal yang berfungsi sebagai Puskesmas terapung
Bupati Bintan meresmikan pengoperasian dua kapal yang berfungsi sebagai Puskesmas terapung (tribunbatam/aminnudin)

(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help