Inspektorat Pemda Harus Naik Kelas, Auditor BPKP Kepri: Jangan Hanya Tukang Periksa Keuangan

Satuan Pengawas Internal yakni inspektorat di lingkup pemerintah daerah diminta tidak cuma bekerja sebagai tukang pemeriksa laporan

Inspektorat Pemda Harus Naik Kelas, Auditor BPKP Kepri: Jangan Hanya Tukang Periksa Keuangan
tribunbatam/aminnudin
Para pegawai Inspektorat berfoto bersama dengan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Ketua Auditor Pemerintahan BPKP Kepri Panijo dan Pejabat Inspektorat Pemkab Bintan Raja M Akib di acara Pelaksanaan Telaah Sejawat 2018 Inspektorat Kabupaten/Kota di Kepri 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Satuan Pengawas Internal yakni inspektorat di lingkup pemerintah daerah diminta tidak cuma bekerja sebagai tukang pemeriksa laporan segala yang berkaitan dengan penyelenggaraan keuangan daerah.

Tapi juga bisa naik tingkat menjadi tenaga konsultan keuangan paling mumpuni di pemerintahan.

"APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) atau inspektorat ini harus sudah mampu memberikan konsultasi, menjadi tenaga pendamping terhadap tata kelola keuangan daerah.

Baca: Pemprov Kepri Desain Aplikasi Khusus Pemantau PNS, Bisa Cek PNS Saat Jam Kerja

Baca: Daftar Caleg, Puluhan Kader Parpol Serbu Polres Tanjungpinang Bikin SKCK

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia di Balik Ketangguhan Pasukan Berkuda Persia Kuno di Medan Perang!

Bahkan sudah diminta bertugas mencegah terjadinya tindak pidana korupsi," kata Panijo, Ketua Auditor Pemerintahan BPKP Kepulauan Riau, Senin (2/7/2018).

Panijo menyampaikan hal tersebut di sela acara Pelaksanaan Telaah Sejawat Tahun 2018 Antar Inspektorat Kabupaten/Kota Wilayah Provinsi Kepulauan Riau di Bhadra Hotel, Toapaya.

Hadir sejumlah pegawai inspektorat 4 daerah di acara tersebut. Di antaranya Inspektorat Kota Batam, Kepulauan Anambas, Lingga dan Bintan Sendiri.

Kembali pada tugas inspektorat, Panijo menyatakan, petugas inspektorat merupakan ujung tombak pemerintahan di daerah. Jangan lagi inspektorat bekerja hanya tukang periksa laporan.

Inspektorat juga harus bekerja di atas itu lagi. Karena itu inspektorat dituntut meningkatkan kemampuan atau kapabilitasnya saat ini.

Disebutkan Panijo, model peningkatan kapabilitas APIP mengacu pada beberapa level. Ada lima level kapabilitas APIP atau inspektorat, yakni level satu sampai dengan level lima.

Saat ini, rata rata kemampuan satuan pengawas internal tersebut masih berada di level dua dan sedikitnya ada yang sudah level tiga.

Halaman
12
Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help