Telur Ayam

Kenaikkan Harga Telur Ayam - Disperindag Kota Batam Segera Gelar Sidak

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam menggelar rapat, Senin (23/7/2018). Salah satunya membahas kenaikkan harga telur dan daging ayam

Kenaikkan Harga Telur Ayam - Disperindag Kota Batam Segera Gelar Sidak
TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
Warga berebut beli telur saat Pasar Murah di Tiban, Sekupang, Selasa (15/5/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam melangsungkan rapat  di lantai 3 Gedung Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Senin (23/7/2018) pagi.

Hadir dalam rapat Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Batam, Kadin, Apindo dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Kepri dipimpin Sekdako Batam yang merangkap sebagai Ketua TPID Kota Batam, Jefridin.

Rapat membahas tingginya harga pangan di Kota Batam, salah satunya perihal kabar melambungnya harga telur dan daging ayam.

Hasilnya, kenaikkan harga telur ayam lebih disebabkan harga pakannya yang naik.

"Telur dan ayam ini naik kan memang berdasarkan informasi yang kami peroleh dari distributor dan satgas pangan disebabkan karena harga pakannya naik," ujar Jefridin.

Selain itu, faktor lainnya yakni harga bibit ayam dan tingginya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar serta pengaruh cuaca.

Solusinya, terang Jefridin, pemerintah daerah akan meningkatkan pengawasan, salah satunya oleh Satgas Pangan Polda Kepri untuk mengantisipasi adanya permainan harga di tingkat distributor dan pedagang.

"Masalah kurs ini pusat lah yang bisa mempengaruhinya. Kita di daerah tak bisa masuk secara mendalam," kata Jefridin.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Batam, Jadi Rajagukguk mengusulkan untuk membuka impor tidak hanya telur tapi juga barang-barang kebutuhan seperti sembako.

"Tadikan ada juga membahas ayam dan telur siluman. Siluman seperti apa? Masak jalan sendiri," kata Jadi Rajagukguk.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Rachta Yahya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved