Batam Terkini

KPU Batam Hapus 4560 Data Pemilih, Bawaslu Sebut DPTb Khusus Untuk Pendatang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam untuk mensinskronkan dan menunda rapat peleno DPT

KPU Batam Hapus 4560 Data Pemilih, Bawaslu Sebut DPTb Khusus Untuk Pendatang
TRIBUNBATAM/DEWANGGA RUDI SERPARA
Rapat Pleno KPU Batam Terkait DPSHP yang belangsung di Hotel Harmoni One, Senin (20/8/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Warga Batam tidak bisa masuk dalam Dafatar Pemilihan Tambahan (DPtb), walaupun nama tidak masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT). Hal ini sesuai dengan Undang-undang No.7 Tahun 2017 dan PKPU No.11 tahun 2018.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam untuk mensinskronkan dan menunda rapat peleno DPT.

Komisioner Bawaslu Kota Batam, Mangihut mengatakan, terjadi penyusutan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Tempat Pemungutan Suara(TPS) dari hasil rapat pleno sebelumnya.

"Terjadi penyutusan data pemilih sebanyak 4560 suara dan penyusutan 27 TPS. Kita ingin tahu penyusutan suara ini kenapa? karena sesuai UU no 7 Tahun 2017 PKPU no 11 sekarang warga domisili Batam yang seharusnya masuk DPT tidak bisa lagi masuk DPTb lagi loh," ujarnya dalam rapat Pleno KPU Batam di Hotel Harmoni One, Senin (20/8/2018).

Mangihut menyebutkan, DPTb nantinya diperuntukkan khusus hanya bagi para pendatang baru di kota Batam.

"DPTb itu nanti diperuntukkan bagi para pendatang, contohnya ada KTP-el dari Sumatera yang sedang menempuh pendidikan di Batam. Orang yang pindah domisili, orang yang pindah tugas sementara di Batam. Jadi DPTb nantinya tidak lagi diperuntukkan untuk warga yang KTP-el di Batam," ujarnya.

Lanjut Mangihut, Bawaslu Batam merekomendasikan kepada KPU Batam untuk menunda dan mensinkronkan rapat pleno penetapan DPT.

"Harus betul-betul sinkron DPT ini, mana yang harus di buang, jangan ada yang ganda, jangan ada perubahan lagi. Kita ingin tahu 4560 itu tadi di hapus karena apa? Untuk itu Bawaslu Batam merekomendasikan untuk mensinkron dan menunda penetapan DPT sampai besok. karena sesuai aturan PKPU no 5 tahapan penetapan DPT itu sampai 21 Agustus," ujarnya. (drs)

Penulis: Dewangga Rudi Serpara
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved